Berita Umum

Mentri PUPR Tinjau Pembangunan Proyek Kapsul Waktu di Merauke, Papua

Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadimuljono mengunjungi Kabupaten Merauke, Papua untuk meninjau proyek pembangunan Kapsul Waktu, Kamis (15/03/18). Lokasi monument kapsul waktu tepat berada di depan gedung Bupati dan sekitar Bandar Udara Mopah dengan luas sekitar 2,5 hektar.

Lokasi monumen kapsul waktu ini menjadi landmark baru di Merauke yang didesain oleh Arsitek Indonesia Yori Akbar dengan angka 17, 8 dan 45dipilih menjadi angka-angka kunci ukuran monument serta memiliki lebar 17 meter, tinggi 8 meter dan panjang 45 meter.

 “Ini bukan sekedar monumen atau banguan konstruksi biasa tapi ini dicanangkan Presiden Jokowi pada HUT ke 70 Kemerdekaan RI tahun 2015 nanti akan dibuka  pada tahun 2085.  Di dalam kapsul waktu ini terdapat mimpinya anak-anak seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” jelas Menteri PUPR di lokasi proyek pembangunan Kapsul Waktu.

Pembangunan tahap I pada tahun 2016 berupa pekerjaan pondasi dengan anggran 7 miliar. Pekerjaan dilanjutkan Tahap II  sejak Juli 2017 dan direncanakan selesai Desember 2018 dengan biaya konstruksi 82,9 miliar melalui anggaran Ditjen Cipta Karya oleh kontraktor  PT.Nindya Karya.

“Mudah-mudahan akan selesai lebih cepat Oktober 2018 nanti. Saat ini progress fisik telah mencapai 59 persen, kata Mentri Basuki.

Sementara itu, Bupati Merauke Frederikus Gebze mengatakan, monument ini merupakan karya seni sejarah yang diperuntukan bagi anak-anak Indonesia 70 tahun mendatang. “Dimana mimpi-mimpi orang Indonesia tidak saja dilihat secara moderenisasi tetapi djaga secara cultur, budaya dan adat istiadat yang ada di Indonesia. Disini akan diceritakan perjalanan bagaimana membangun Indonseia,” tambahnya.