Berita Utama

BLT Dana Desa Triwulan 1 di Merauke Mulai Dicairkan

Merauke - Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari 40 persen Dana Desa tahun 2022 triwulan 1 mulai dicairkan di kampung-kampung pada 20 Distrik di Kabupaten Merauke.

Dana sudah masuk di rekening kampung dan masing-masing penerima manfaat mendapat Rp 300.000 dalam satu bulan kali 3 bulan. 

Kasie Bina Sarana Prasarana Kampung Dinas PMK, Ivone A. Nathan, S. Sos, M.AP, S mengatakan, pencairan ini dilakukan lebih awal sebelum Hari Raya Idul Fitri sehingga dapat digunakan penerima untuk keperluan hari raya terkhusus bagi kampung yang sudah menginput data pencairan BLT tahap 1.

"Pencairan sudah mulai dilakukan untuk 94 kampung, menyusul kampung-kampung lainnya dari total 179 kampung," ujar Ivoni, Kamis (28/4/2022).

Teknis pembagian dilakukan oleh aparat kampung masing-masing, sedangkan Dinas PMK hanya bersifat mengawasi atau memantau pelaksanaannya.

Usai pencairan dana BLT, akan dilanjutkan dengan pencairan dana non BLT setelah Lebaran 1443 Hijriah. Ini dilakukan secara terpisah mengingat penginputan datanya di sistem dilakukan secara terpisah pula.(Get)