Berita Utama

Warga Bupul dan Satgas Yonif 323 Lakukan Panen Buah Bersama

Minggu 13 Mei 2018 Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad bersama masyarakat Bupul 9 Distrik Elikobel Kabupaten Merauke, melaksanakan panen buah di kebun masyarakat. 
 
Bupul merupakan salah satu daerah sentral penghasil buah-buahan yang ada di Kabupaten Merauke. "Buah yang dipanen diantaranya jeruk, sawo dan rambutan. Komoditi ini menjadi penghasilan utama masyarakat Bupul," jelas Perwira Satgas Yonif Raider 323 Letda Chk Rizki, SH.
 
Dengan hadirnya aparat pemerintahan dan TNI dalam kegiatan ini sebagai bentuk dukungan bagi program meningkatkan produksi dan ketahanan pangan yang sedang digalakkan pemerintah, tambah Kepala Kampung Bupul 9, Azis Alsa.
 
Kegiatan panen raya yang diinisiasi oleh kelompok tani Bupul 9 dan sengaja diselenggarakan melibatkan Satgas Pamtas dan pemerintahan untuk menunjukan hasil dari perekonomian masyarakat di wilayah tersebut.
 
Beberapa waktu sebelumnya, warga Kampung Asiki Distrik Jair melakukan panen kacang bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323 Kostrad. Hasil kebun itu merupakan kerjasama antara Satgas dan masyarakat di kebun milik masyarakat.
 
Setelah tiga bulan akhirnya membuahkan hasil panen mencapai 350 kg dari 1,5 hektar tanah yang digarap. Tanah yang semula hanya semak belukar, kini dapat membuahkan hasil. 
 
"Ini merupakan hasil pemikiran dari Satgas Yonif Raider 323 untuk memanfaatkan lahan tidur," tambah Komandan Kompi Markas Satgas 323, Lettu Inf Sumarna.
 
Seluruh hasil panen diserahkan kepada para warga, untuk meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, di tempat lain juga masih terdapat kebun cabe dan singkong.