Berita Utama

Pemkab Merauke Menutup Pendaftaran ASN PPS

Merauke - Pendaftaran Aparatur Sipil Negera (ASN) untuk melayani pelayanan di pemerintahan Provinsi Papua Selatan (PPS) dari Kabupaten Merauke, sudah ditutup pada 5 Agustus 2022 setelah pembukaan sejak 27 Juli lalu.

Pendaftaran pertama ini khusus dibuka bagi ASN yang bergolongan 3C dan golongan 4. Untuk Merauke, jumlah yang mendaftar di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Merauke sebanyak 338 orang. Sementara proyeksi untuk menempati PPS kuotanya 1000 orang yang direkrut dari empat kabupaten yaitu Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel, namun belum ada petunjuk bembagian untuk pejabat dan staf. 

"Kita belum tahu, dari 1000 itu staf berapa dan pejabatnya berapa. Nanti kita lihat dari struktur organisasi perangkat di provinsi, berapa dinas, berapa bagian dan biro. Yang pangkat sudah memenuhi syarat pasti akan mengisi jabatan, sedangkan yang belum akan mengisi staf atau pelaksana," terang Salfianus Laiyan, SH, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Merauke, Rabu (10/8/2022) di ruang kerjanya. 

Rekapitulasi pendaftaran PPS terbagi dari 19 orang asli Papua Marind, 62 OAP lainnya dan 257 berasal dari non OAP.

Lanjut disampaikan tiga kabupaten lain juga akan mengisi kebutuhan ASN yang masih tersisa guna memenuhi kuota 1000. Menurut Salfianus, ketika ada kebijakan lebih lanjut maka akan dibukan pendaftaran untuk ASN yang masuk kategori staf. 

Segala kebijakan akan lebih jelas lagi ketika sudah hadirnya penjabat gubernur atau karateker sehingga arah dan petunjuknya dapat lebih pasti.(Get)