Berita Utama

Restoran Marind Food Segera Hadir di Merauke

Merauke - Restoran Marind Food berbahan dasar sagu segera hadir di Kota Merauke, Provinsi Papua Selatan (PPS). Hadirnya Marind Food ini sebagai pengenalan jati diri dan meningkatkan martabat orang Marind kepada publik lewat menu makanan Papua asli Marind hasil olahan dari sagu. 

Makanan ini akan dipopulerkan seiring dengan dimekarkannya wilayah Selatan Papua menjadi Provinsi Papua Selatan. Makanan yang paling populer adalah sagu sep. Sagu sep merupakan olahan tradisional khas suku Marind di wilayah Merauke yang memiliki cita rasa yang gurih dan terbuat dari sagu dicampur dengan kelapa. Hal unik dari sagu sep ini terletak pada proses memasaknya yakni dimasak menggunakan alat bakar batu yang disebut barapen. 

Tokoh Masyarakat Selatan Papua, Johanes Gluba Gebze (JGG) mengutarakan, sudah saatnya Marind Food hadir di Papua Selatan sebagai restoran pertama yang nanti akan menyajikan makanan lokal. Dari sagu, akan diolah menjadi beberapa menu dipadu dengan rempah-rempah alami. Menariknya lagi akan hadirkan Pizza Marind yaitu kudapan yang akan mempunyai daya tarik di Restoran Marind Food.

"Kita segera hadirkan Restoran Marind Food dengan bahan dasar sagu yang nanti kita mix dengan keladi, pisang, kelapa, dan kita juga promosikan pizza Marind," terang JGG selaku inisiator Restoran Marind Food, Minggu (14/7/2022) di Taman Kota Hati Kudus Yesus Merauke.

Contoh sejumlah menu Marind Food berbahan dasar sagu.

Sebagai perkenalan, menu dan pizza Marind dipamerkan di stand pameran dalam rangka HUT RI tahun 2022 di Halaman Kapsul Waktu. Tentunya tetap memperhatikan standar hygienis untuk memastikan makanan aman dikonsumsi.

"Lokasi Marind Food akan dibangun di seputaran Bandara Mopah Merauke. Kita lagi persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan," sambung JGG.

Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC menyambut baik dan mendukung niat baik tersebut. Menurutnya menu lokal dari Marind perlu dipopulerkan, karena hadirnya PPS akan banyak tamu luar Papua yang datang ke Papua Selatan yang pasti mencari atau mencoba keunikan makanan daerah Marind.

"Marind Food ini harus dipopulerkan dan saya sangat mendukung makanan daerah diperkenalkan karena memang rasanya enak dan sehat," ucap Uskup Merauke.

Uskup asli Manado ini mengaku makanan Marind sangat disukainya karena keunikan dari cita rasa, bahan dan cara pengolahannya yang spesial. Dengan hadirnya Restoran Marind Food, sebagai bagian untuk pelestarian akar budaya jenis makanan lokal agar tidak hilang.(Get)