Berita Utama

Menuju Pemilu 2024, Kesbangpol Papua Selenggarakan Kegiatan Kemitraan

Merauke - Persiapan menuju Pemilu serentak 2024, Badan Kesbangpol Provinsi Papua selenggarakan kegiatan kemitraan eksekutif, legislatif, dan partai politik di Kabupaten Merauke, Kamis (01/8/2022).

Para narasumber dihadirkan untuk membagi ilmu pendidikan politik agar lebih menguatkan pemahaman dalam berpolitik yang baik dan politik sehat. Melibatkan KPU, Bawaslu dan Kesbangpol sendiri untuk menyampaikan poin yang harus dipersiapkan menujun Pemilu mendatang. 

"Kita bicara tentang peran pemerintah daerah dari sisi anggaran, personil dalam rangka mendukung tahapan pemilu. Stabilitas keamanan dan kesiapan Parpol untuk menjadi peserta Pemilu 2024," ujar Kepala Kesbangpol Provinsi Papua, Musa Izir di Careinn Hotel Merauke.

Dikatakan, Pemilu yang aman dan kami harus didukung semua unsur, dan mematuhi etika politik sehingga asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dapat terjawab.

Parpol memiliki peran strategis dalam konsolidasi demokrasi setelah Indonessia merdeka atau setelah era reformasi. Kehadiran Parpol memiliki tujuan dan fungsi sesuai dengan UU nomor 2 tahin 2011 tentang perubahaan atas UU nomor 2 tahun 2008 tentang partai politik. 

"Salah satu fungsinya adalah rekrutmen politik dalam pengisian jabatan politik pada kekuasaan eksekutif dan legislatif," ucap Sekda Merauke Ruslan Ramli membacakan sambutan tertulis Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Lebih dari itu, sangat diharapkan semua pihak sama-sama menjaga suhu politik agar tidak memanas dan menimbulkan konflik karena perbedaan pendapat, ketidakpuasan dan atau karena kecurangan melanggar etika politik.(Get)