Berita Utama

Pasca Rubuh Tower Internet Pemda, Kadis Kominfo Merauke Turun Lapangan

Merauke - Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Merauke, Thomas Kimko, S.STP, M.AP melakukan pantauan ke lapangan pasca rubuhnya tower internet Pemda di Kampung Kaliki Distrik Kurik yang terjadi pada Rabu (12/10/2022) siang. 

Pantauan dilakukan Jumat (14/10) didampingi perwakilan dari Inspektorat setempat. Kujungan kali ini tidak lain untuk melihat dan mengetahui secara langsung kronologi kejadian rubuhnya tower yang sudah dibangun sejak 2020 lalu. 

Menurut pengakuan waraga RT. 03 Salomina Ndiken, bahwa tower jaringan internet Pemda itu rubuh akibat ditimpa pohon kemiri yang letaknya tidak jauh dari posisi tower berukuran tinggi 52 meter. Beruntung insiden pohon kemiri lapuk tersebut tidak menimpa warga setempat. 

"Jadi hari ini bersama tim dan inspektorat kami menindaklanjuti dengan meninjau langsung. Sehingga di tahun depan kami bisa menganggarkan untuk bangun baru tower di Kampung Kaliki berdasarkan rekomendasi dari Inspektorat," terang Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Merauke, Thomas Kimko, Jumat (14/10/2022) di Kaliki. 

Meski telah terjadi kerusakan, masyarakat masih bisa memakai jaringan internet 4G bantuan dari Bakti Kemenkominfo yang juga sudah tersedia di Kampung tersebut. Perbedaannya, ketika menggunakan jaringan Pemda tidak berbayar atau freehotspot, sedangkan 4G harus membeli paket data. 

Kepala Kampung Kaliki, Timotius Balagaize mengaku bahwa dengan jaringan internet Pemda sangat membantu warga Kaliki. Dirinya berharap tahun mendatang bisa segera dianggarkan untuk bangun tower yang baru, agar generasi penerus di kampung dapat memanfaatkan untuk belajar dan kebutuhan internet masyarakat setempat dapat terpenuhi.(Get)