Berita Utama

Tim Puslitbang Jaring Masukan dan Saran Pembentukan Polda PPS

Merauke - Ketua Tim Analis Pusat Penelitian dan Pembangunan (Puslitbang) Polri, Kombes Pol Saeffudin Muhammad, SIK bersama timnya melaksanakan audiens pembentukan Polda Provinsi Papua Selatan, Jumat (2/12/2022). 

Kegiatan diikuti Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan dan jajarannya serta perwakilan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab setempat guna menjaring masukan dan saran. 

Meski perkembangan situasi kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Merauke masih relatif aman, namun dengan menjadi provinsi baru, maka Polda PPS dipastikan akan hadir. Apalagi Merauke menjadi pintu utama in-outnya barang dan orang sehingga Polda PPS diharapkan secepatnya terbentuk. 

"Ketersediaan ruang sudah dilakukan Polres Merauke. Merauke ada 22 distrik dan 173 kampung, hampir semua distrik sudah terjangkau telekomunikasinya," kata bupati dalam arahannya di Kantor Bupati Merauke. 

Kesempatan berikut, Ketua Tim Analis Puslitbang Polri menyampaikan bahwa salah satu persyaratan pembentukan Polda adalah adanya dukungan dari Pemerintah Daerah, DPRD dan masyarakat. 

"Hari ini kami ingin mendapatkan masukan dan saran dari Pemda Merauke untuk pembentukan Polda PPS. Kita perlu adanya dukungan pemerintah sebagai salah satu persyaratan dalam pembentukan Polda," ucap Saeffudin. 

Dikatakan, pembentukan Polda dalam rangka untuk meningkatkan dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), sehingga tetap kondusif di wilayah PPS. Meningkatkan kualitas pelayanan publik, memperpendek rentang kendali pelayanan, mempercepat pembangunan daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(Get)