Berita Utama

Bawaslu Merauke Sosialisasikan Pastisipatif Pengawasan Pilkada 2024

Merauke - Bawaslu Kabupaten Merauke melakukan sosialisasi partisipatif pengawasan bagi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

Pihaknya melibatkan masyarakat dari paguyuban atau ikatan keluarga besar dan organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Merauke. Tujuannya mengajak masyarakat membantu pengawasan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024.

"Dalam hal ini masyarakat ikut aktif sebagai pengawas partisipatif yang aktif bukan hanya Bawaslu, sebab personil kami terbatas. Jika ada temuan atau laporan di lapangan maka masyarakat bisa menyampaikan ke Bawaslu," ujar Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Merauke, Ganis di Careinn Merauke, Rabu (21/8/2024)

Dalam sosialisasi tersebut beberapa peserta sosialisasi menyampaikan masukan dan contoh pelanggaran yang kerap terjadi di TPS. Menindaklanjuti itu, Bawaslu akan berkolaborasi dengan tingkat KPPS agar dapat menjadi perhatian ke depan masalah yang sama tidak boleh terjadi lagi.

Salah satu yang ditegaskan, ketika pemilik surat undang sedang tidak ada di tempat pada hari pemilihan maka tidak boleh diwakilkan oleh siapapun karena itu tidak dibenarkan.(Get)