Berita Utama

Bawaslu Tiga DOB di Papua Serentak Diresmikan

Merauke - Plt Sekjen Bawaslu RI, Dr. La Bayoni meresmikan Sekretariat Bawaslu Provinsi Papua Selatan (PPS), Papua Tengah (PPT) dan Papua Pegunungan (PPP), Rabu (11/1/2023) yang dipusatkan di Jalan Raya Mandala Merauke.

Dengan diresmikan Bawaslu tiga Daerah Otonomi Baru tersebut maka selanjutnya semua aktivitas pelayanan mulai dilakukan di kantor sekretariat untuk kerja-kerja pengawasan semua proses dan tahapan Pemilu serentak 2024 mendatang yang kini sudah dimulai. 

"Harapan kami, seluruh Anggota Bawaslu tiga DOB dapat bekerja dengan maksimal," ujar La Bayoni dalam peresmian tersebut. 

Plt Sekjen Bawaslu RI meresmikan Bawaslu PPS, PPT dan PPP terpusat di Jalan Raya Mandala Merauke.

Ketua Bawaslu Provinsi Papua Metusalak Infandi menyebut peresmian ini mencatat sejarah untuk Merauke dan Papua Selatan karena terpilih sebagai pusat pelaksanaan peresmian untuk 3 DOB.

Dikatakan, sejak dimekarkan Bawaslu Provinsi Papua dengan 7 komisioner ditugaskan untuk melakukan tugas pengawasan dan mengkoordinir semua kerja pengawasan di Daerah Otonomi Baru. Meski secara personil Bawaslu Papua sangat terbatas, tidak menjadi hambatan. Semua tanggungjawab harus dikerjakan dengan baik. 

"Untuk itu, kami membutuhkan dukungan dari Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota dan masyarkat agar Pemilu mendatang berlangsung Luber serta Jurdil sukses dalam penyelenggaraannya.

Berkaitan dengan teknis masih banyak yang perlu dipersiapkan. Sehingga dukungan Bawaslu RI sangat diperlukan," sambungnya.

Bupati Merauke Romanus Mbaraka sambutan dalam peresmian Bawaslu tiga DOB.

Bupati Merauke Romanus Mbaraka menghadiri peresmian tersebut, turut menyuarakan bahwa tinggal setahun pelaksanaan Pemilu akan berlangsung maka penting untuk kerjasama dan koordinasi. 

"Kita hindari semua hal yang membawa efek ketahanan dan keamanan menjadi tidak stabil. Kita harapan pilihan boleh beda tapi tetap menjaga situasi kondusif, dan pemerintah, bersama TNI dam Polri sangat konsen untuk kendalikan keamanan dan ketertiban di wilayah kita," ucap Romanus.(Get)