Berita Utama

Susu dan Telur Dibagikan ke Siswa Orang Asli Papua di Merauke

Merauke - Menggunakan Dana Otsus 2024, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Selatan melakukan pembagian dan sosialisasi manfaat telur dan susu untuk meningkatkan kecerdasan dan mencegah stunting kepada anak-anak di Sekolah Dasar orang asli Papua. 

Sekolah yang didatangi adalah SD Torai, SD YPPK Erambu ditambah siswa SMP Erambu, SD Negeri 1 Wasur dan SMP 1 Atap karena sedikitnya siswa di SD, SD Kampung Baru, SD YPK Tarsisius Biankuk, SD St. Theresia Buti, dan SD St. Maria Fatima dan akan berlanjut ke SD Mangga Dua Merauke.

"Targetnya 250 anak namun disesuaikan jumlah siswanya, ada yang 300 sampai 400 siswa. Ini kita baru uji coba program ini di tahun ini," ujar Drh Retno Palupi Handayani, M.Ec.Dev selaku Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Selatan, Jumat, (27/9/2024).

Dikatakan pihaknya dari Bidang Peternakan fokus di produk peternakan seperti telur dan susu UHT warna putih rendah gula karena manfaatnya sangat bagus untuk tumbuh kembang anak.

"Kita mengedukasi anak bagaimana minum susu yang sehat dan telur yang baik untuk dikonsumsi, karena manfaatnya dapat meningkatkan kecerdasan mereka," pungkasnya. 

Selain itu, tujuan dari bagi-bagi susu dan telur adalah bagian dari tindakan pencegahan stunting sekaligus mengajak para orangtua anak untuk beternak sehingga khusus telur bisa dihasilkan sendiri tanpa harus membeli.(Get)