Berita Utama

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Berikan Motivasi Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif di Merauke

Merauke - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, hadir di Kabupaten Merauke untuk memberikan motivasi dan dukungan kepada para pelaku ekonomi kreatif, Selasa, (8/10/2024) di Aula LPP RRI Merauke.

Dalam Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia, Menparekraf menegaskan pentingnya identifikasi subsektor ekonomi kreatif unggulan daerah di Kabupaten Merauke yang mampu menggerakkan sub-sektor ekonomi kreatif lainnya dan mendorong Kabupaten Merauke untuk mengikuti rangkaian uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif (PMK3I) sehingga Kabupaten Merauke dapat menjadi bagian dari ekosistem ekonomi kreatif.

"Kabupaten Merauke memiliki potensi ekonomi kreatif yang cukup besar, terutama di sektor kuliner dan kriya. Dengan kreativitas dan inovasi para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Merauke dapat menciptakan produk-produk yang unik dan bernilai tambah, serta mampu menembus pasar nasional,” tambah Menparekraf.

Dengan keunikan budayanya, para pelaku kreatif di Kabupaten Merauke dapat banyak mendapatkan inspirasi dalam penciptaan berbagai produk kreatif. Perkembangan sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Merauke dapat semakin maju terutama dengan saling bersinergi satu sama lain antar stakeholders ekonomi kreatif. Sinergi ini akan menciptakan peluang baru bagi sektor ekonomi kreatif dengan harapan dapat turut serta meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Merauke.

Peninjauan produk UKM ekonomi kreatif

Produk ekonomi kreatif khas daerah juga perlu dipoles dengan inovasi-inovasi baru dan dipasarkan dengan strategi digital marketing yang tepat sehingga produk khas daerah menjadi dukungan daya tarik suatu destinasi pariwisata.

Workshop yang diikuti oleh 150 pelaku ekonomi kreatif ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan usaha kreatif. Para peserta diajak untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif, meningkatkan branding produk, serta memanfaatkan peluang pasar digital. Dalam workshop ini, Wednes Aria Yuda, seorang Product Development Cokelat memberikan materi terkait Strategi Pengembangan Produk Ekonomi Kreatif di Kabupaten Merauke. 

Selain itu, ada pula sesi pemberian materi yang dibawakan oleh Entrepreneur/Motivator, Thomas Kimko tentang tips dan pengalaman dalam merintis usaha di Kabupaten Merauke. 

Dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat dan semangat dari para pelaku ekonomi kreatif, Kabupaten Merauke diharapkan dapat semakin berkembang sebagai pusat kreativitas dan inovasi di Provinsi Papua Selatan. 

Pemerintah Kabupaten Merauke juga berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan ekonomi kreatif dengan menyediakan berbagai fasilitas dan program yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha. Kolaborasi antar stakeholders ekonomi kreatif diharapkan dapat membawa produk kreatifnya ke tingkat nasional.

Challenge pembuatan sagu rol. 

Masalah utama yang dikeluhkan pelaku ekonomi kreatif Merauke adalah ongkos kirim, perizinan sertifikasi halal melalui Badan POM serta pemasaran dan peralatan untuk memudahkan produksi produk diterima dan akan ditindaklanjuti.

"Keluahan ini telah kami tampung dan akan kami prioritaskan. Kita harapkan ini akan dilanjutkan oleh menteri selanjutnya, saya mohon pamit tanggal 20 Oktober ini saya purna tugas tapi saya sangat berbahagia menyelesaikan tugas saya dengan mendatangi ujung timur Indonesia," ucap Sandiaga.

Sandiaga Uno mengaku bangga karena Indonesia masuk tiga besar tingkat dunia di bidang ekonomi kreatif setelah pertama dari Amerika, kedua Korea Selatan dan ketiga Indonesia. Ini harus dipertahankan oleh pelaku ekonomi kreatif.

Baca Juga: Harga Pakan Turun, Tidak Berpengaruh Pada Nilai Pasar Telur di Merauke

"Saya sangat berterima kasih bahwa merekalah yang menjadi tulang punggung dan para UMKM ini membangun ekonomi Indonesia pascapandemi," tuturnya mengakhiri.(Get)