Berita Utama

Kelurahan Samkai Akan Dijadikan Daerah Binaan GOW Kabupaten Merauke

Merauke - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Merauke memprakarsai satu kegiatan dalam rangka pencegahan stunting di Kelurahan Samkai dan menjadikan kelurahan tersebut sebagai daerah binaan GOW. 

Diketahui, Kelurahan Samkai terdapat sekitar 65 anak yang bergejala stunting, karena itu GOW Kabupaten Merauke akan mendatangi tempat posyandu dan menyerahkan tali asih di tiap-tiap rumah keluarga yang bersangkutan. 

"Kita tidak sekedar memberikan tali asih tapi akan datangi rumah-rumah. Karena stunting bukan saja pada masalah tumbuh kembang anak yang kurang tetapi juga pola hidup bersih dan sehat baik kebersihan diri, pakaian, tempat tinggal, sarana air bersih dan makanan yang dikonsumsi serta kebutuhan lain yang kemudian ini menjadi dasar program GOW ke depan," terang Ketua Tim Kerja Hari Anak Nasional Tahun 2023, Majinur, Selasa (25/7/2023). 

Sebagai kegiatan awal, GOW Kabupaten Merauke akan turun ke lapangan pada 29 Juli ini. Tim GOW akan dibagi dalam empat tim dan mendatangi tempat posyandu di wilayah tersebut dan rumah-rumah, sekaligus membagikan bahan makanan berupa susu, beras, telur dan lainnya dibarengi sosialisasi pencegahan stunting dan pola hidup bersih dan sehat.

Tema Hari Anak Nasional Tahun 2023 adalah 'Anak Terlindungi Indonesia Maju', tema ini mempunyai makna Mewujudkan Indonesia Layak Anak pada tahun 2023 dan Indonesia Menuju Generasi Emas pada tahun 2045 tanpa perkawinan dan kekerasan terhadap anak.

Majinur menambahkan, aksi GOW Kabupaten Merauke tidak harus menghabiskan banyak uang dengan menggelar seremonial melainkan dijalankan secara sederhana tetapi menyentuh serta bermanfaat dan tepat sasaran.(Get)