Berita Utama

Aksi Protes Aliansi LMA Kimaima Diterima Pj. Gubernur PPS

Merauke - Aliansi Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Suku Kimaima Kabupaten Merauke Papua Selatan melakukan aksi demontrasi di Halaman Kantor Sementara Gubernur Papua Selatan, Selasa (15/8/2023). 

Pihaknya menolak dua nama bakal calon MRP PPS yang ditetapkan dalam SK Pj. Gubernur PPS belum lama ini atas nama Abdul Awal Geze dari unsur Agama Islam dan Ferdinand Frederik Salima dari unsur Agama Protestan (GPI). Aliansi Kimahima menyebut kedua nama ini bukan orang asli Papua atau berasal dari non Papua sehingga harus diganti dengan calon orang asli Papua. Tuntutan ini sama dengan tuntutan yang dilakukan Aliansi Pemuda Papua Selatan pada aksi demo sebelumnya. 

Pj. Gubernur PPS, Ir. Apolo Safanpo menyampaikan pemerintah menghargai setiap aspirasi masyarakat. Namun sebaiknya tidak harus melalui aksi demo melainkan bisa dilakukan diskusi bersama dengan tetap mengikuti aturan dan mekanisme yang baik. 

"Untuk wakil agama diutus oleh lembaga keagamaan. Apabila ada yang merasa tidak menerima hasil musyawarah yang telah dilaksanakan oleh lembaga keagamaan, bisa kembali mempertanyakan ke lembaga-lembaga yang melakukannya. Tidak lagi melakukan aksi yang mengganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat," terang Pj Gubernur PPS, Selasa (15/8/2023) saat menanggapi para pendemo. 

Seluruh prosedur, mekanisme dan tahapan pemilihan MRP sudah berjalan, dan kini nama-nama dari unsur agama, perempuan dan adat sudah diajukan ke Kemendagri untuk dilakukan verifikasi di tingkat Kemendagri. Selanjutnya hasil verifikasi akan diserahkan ke Presiden RI untuk ditetapkan dan dilantik menjadi Anggota MRP PPS.