Berita Utama

Pelatihan Pengenalan Coding Kecerdasan Artificial Intelligence Bagi Guru

Merauke - Guru tingkat SD dan SMP di Kabupaten Merauke mengikuti pelatihan pengenalan Coding Kecerdasan buatan produk Artificial Intelligence (AI) yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar yang merupakan UPT langsung dari Kemenkominfo. 

Coding adalah bagaimana membuat bahasa pemrograman untuk mengoperasikan objek atau benda yang ada dalam ilmu komputer. Di sini, peserta diajari pelajaran ilmu digital produk AI yang adalah otomatisasi dalam mengoperasikan komputer yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran di sekolah. 

"Transformasi digital adalah sebuah program besar yang dicanangkan Presiden yang akan mengantarkan negara Indonesia menjadi negara penghasil ekonomi terbesar nomor 4 tahun 2045 nanti. Pelatihan bersifat pengenalan dan beberapa level lanjutan hingga pemberian sertifikasi," ucap Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar, Agung Harimurti, M. Kom dalam pembukaan kegiatan di Swiss-belhotel Merauke, Kamis (22/9/2022). 

Papua Selatan merupakan salah satu wilayah kerja Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar yang merupakan UPT langsung dari Kemenkominfo. Balai besar ini mempunyai banyak skema pelatihan baik bagi guru, tenaga medis, UKM dan tokoh agama maupun alumni vokasi. 

Contoh produk AI seperti Face ID, yang dapat membuka kunci ponsel Anda dengan sensor wajah. Kemudian peta dan navigasi, E-payment, media sosial, voice assistant, rekomendasi pencarian, dan editor tulisan. 

Bupati Merauke Romanus Mbaraka mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan di Merauke. Besar harapannya, setelah pelatihan ini para guru mampu mengaplikasikan kepada siswa di sekolah. Terlebih Romanus tegaskan transfer knowledge kepada siswa orang asli Papua betul-betul dilakukan dengan hati dan penuh kesabaran sehingga dasar ilmu digital dapat dipahami siswa. "Jangan menganggap remeh orang asli Papua. Dampingi mereka dengan baik," pinta Romanus.(Get)