Berita Utama

Insan Perhubungan Papua Selatan Galakan Aksi Kemanusiaan

Merauke - Insan Perhubungan Papua Selatan gandeng stakeholder berpartisipasi donor darah di PMI Merauke, Rabu (13/9/2023). 

Donor darah tersebut dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional ke 52 tahun 2023. Panitia bekerjasama dengan PMI dengan mengajak TNI, Polri beberapa pihak dan masyarakat menyumbangkan darah guna menjaga ketersediaan stok di PMI. 

"Ini bagian dari pengabdian kita sebagai abdi negara dan kehadiran kita sebagai manusia untuk sesama yang membutuhkan darah," terang Kadis Perhubungan Papua Selatan, Nelson Sasarari dalam kegiatan tersebut. 

Pelaksanaan donor darah di Halaman PMI Merauke.

Kesempatan yang sama Kepala UTD PMI Merauke, dr. Siti Jumiati, M. Kes mengatakan, bahwa hampir semua komponen darah tersedia namun permintaan terbanyak adalah golongan darah O. Dan Yang menjadi kesulitan di saat tertentu adalah trombosit karena tidak bisa disimpan. Akumulasi kebutuhan dalam sebulan kisaran 500-600 kantong.

Besar harapannya, ada rutinitas para pendonor untuk tetap menjaga ketersediaan agar dapat memenuhi kebutuhan permintaan darah di RSUD dan rumah sakit swasta di Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Asmat. Ia menyebut kebutuhan terbanyak ada di Merauke.(Get)