Berita Utama

Setelah Diskusi, Pelaksanaan Porprov Papua Selatan Disepakati 1 November 2023

Merauke - Wakil Ketua KONI Papua Selatan, Soleman Jambormias akhirnya mengumumkan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan diundur ke 1 November 2023 dari jadwal sebelumnya 24 Oktober. 

Keputusan ini disepakati setelah melalui tahap diskusi dengan Pengurus KONI empat kabupaten perihal belum tersedia anggaran dan akses transportasi dari kebupaten ke Provinsi. Terkait anggaran, KONI PPS siap memberikan pinjaman dana kepada KONI kabupaten dengan catatan, KONI kabupaten membuat jaminan akan kembalikan setelah dana hibah dari kabupaten cair. 

"Kita KONI Provinsi siap kasi pinjaman dana, silakan ajukan pinjaman asal ada jaminan untuk kembalikan," ucap Soleman didampingi Waket 2 KONI PPS, Jeffry Papare dan Sekretaris KONI Antonio Liberto Ohoitimur dalam Rakerprov KONI yang diselenggarakan di Swiss-Belhotel Merauke, Senin (16/10/2023). 

Waket 1, Waket 2 dan Sekretaris KONI PPS tengah memimpin diskusi Rakerprov Papua Selatan.

Raker yang sama juga memutuskan 12 Cabor yang akan dipertandingkan dalam Porprov pertama nanti. Di antaranya, POBSI, PERCASI, IPSI, PERBASI, PBVSI, PTMSI, PBSI, ASPROV, FUTSAL, PASI, FORKI, dan TAEKWONDO. Sementara PERPANI dan PRSI ikut kejuaraan Gubernur Cup 1 yang tanggal pelaksanaannya sama dengan kegiatan Porprov. Alasannya, kedua Cabor tersebut hanya diikuti dari tiga kabupaten saja. 

"Diskresi khusus untuk bola kaki, tetap dipertandingkan karena diikuti tiga kabupaten, sehingga hanya dihitung medali emas," tutup Soleman.(Get)