Berita Utama

Pj Gubernur PPS Pantau Pelaksanaan Porprov di Venue Catur

Merauke - Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo mengunjungi tempat-tempat pelaksanaan kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke 1 Tahun 2023, Jumat (3/11/2023). 

Salah satu yang didatanginya adalah di lokasi pertandingan catur diikuti atlet dari empat kabupaten di Papua Selatan terpusat di Gedung Jorgen Sai Merauke. Kejuaraan dalam rangka HUT PPS pertama ini mendapatkan apresiasi karena semua kabupaten terlibat. 

Permainan catur oleh atlet dari empat kabupaten di Papua Selatan

"Event Pekan Olahraga Papua Selatan sebagai Porprov pertama yang kita selenggarakan dalam rang Hari Ulang Tahun Papua Selatan, semoga dengan keikutsertaan ini akan memberikan nuansa kebersamaan kita," ucap Apolo. 

Event ini, menurutnya selain lomba juga pesta kebersamaan dalam memeriahkan sebagai keluarga dengan menjunjung tinggi sportivitas. Ia menyebut ada dua indikator keberhasilan dalam suatu pesta, pertama semua warga hadir bersama-sama dan tamu yang datang harus kembali dengan sukacita. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak tetap menjaga kedamaian, soal menang atau kalah pasti akan terjadi dalam sebuah pertandingan yang harus diterima. 

"Kita bisa mengukur posisi kita. Hasil dari kesiapan dan pelatihan kita akan terlihat posisi kita dan selanjutnya terus meningkat kemampuan melalui pelatihan. Mari kita laksanakan pertandingan dengan baik, kita sukseskan Porprov, sukses prestasi, sukses administrasi, sukses perekonomian dan sukses penyelenggara," pungkas Apolo.

Sebelumnya, Cabor Percasi dibuka oleh Sekretaris KONi PPS, Antonio L. Ohoitimur menyampaikan Percasi satu-satuanya Cabor yang mengikuti Kejurda dari Papua Selatan. Harapannya, semua Pengprov Percasi bersinergi dengan seluruh Pengkab untuk lebih mengedepankan kualitas pemain catur Papua Selatan. "Olahraga catur diusahakan dibina dari usia dini dengan membuat kejuaraan kelompok umur," tutur Antonio.(Get)