Berita Utama

Final Cabor Bola Basket Berakhir Manis Bagi Tuan Rumah Merauke

Merauke - Final Bola Basket pada Pekan Olahraga Provinsi Papua (Porprov) 1 Papua Selatan, Kabupaten Merauke mampu merebut juara 1 dari atlet tiga kabupaten lainnya. 

Untuk basket 5x5, Kabupaten Merauke mampu meraih juara 1. Selanjutnya 3x3 putri diraih atlet Boven Digoel dan 3x3 putra diraih atlet asal Kabupaten Mappi. Cabang olahraga Basket ini dipertandingkan sejak 2-5 November di GOR Futsal Merauke. 

"Kami sampaikan terimakasih kepada semua Pengurus Pengprov, Pemkab dan KONI kabupaten yang sudah berperan untuk ikut dalam Porprov Papua Selatan. Tugas selanjutnya, Pemprov harus mengadakan Open Turnamen Gubernur Cup Basket," tutur Sekretaris KONI Papua Selatan, Antonio L. Ohoitimur, Minggu (5/11/2023) dalam menutup kegiatan tersebut. 

Secara khusus Sekum KONI menyampaikan apresiasi kepada Boven Digoel, karena mampu berpartisipasi sekalipun Pengurus Kabupaten Cabor Perbasi baru terbentuk. "Boven Digoel luar biasa karena Pengkabnya baru saja dibentuk, sudah mampu berprestasi di Porprov," ungkap Antonio. 

Begitu juga dengan atlet basket dari Mappi, dan Asmat diajak tidak menyerah serta siap untuk berprestasi pada event selanjutnya. 

"Kejuaraan Porprov pertma ini menjadi motivasi buat kalian agar lebih berprestasi di tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Jangan putus asa, terus berlatih" pungkasnya. 

Ia juga minta para wasit terus meningkatkan lisensi terkait aturan pertandingan terbaru bola basket. Sehingga kepimpinan wasit di lapangan pertandingan semakin baik. KONI PPS siap membantu kebutuhan berupa ring baru, maupun papan skor.

Sementara itu, untuk permainan catur, Kabupaten Mappi mampu meraih sebagai pemenang di Catur Standar, disusul Kabupaten Boven Digoel, Asmat dan Kabupaten Merauke menjadi juru kunci. Namun di Catur Beregu Standar, Merauke mampu menduduki peringkat pertama, diikuti Boven Digoel, Asmat urutan ketiga dan Mappi di posisi terakhir.

Perolehan medali sementara per 5 November 2023, Kabupaten Merauke masih memimpin dengan total medali emas 19, perak 7 dan perunggu 14. Kabupaten Asmat 15 emas, 5 perak dan 9 perunggu. Kabupaten Mappi emas 6, perak 9 dan 9 perunggu, serta Boven Digoel di posisi 3 emas, 10 perak dan 10 perunggu.(Get)