Berita Utama

Sepuluh Rangkaian Kegiatan Dilaksanakan Songsong HUT Korpri ke 52 di Merauke

Merauke- Panitia HUT Korpri ke 52 tahun 2023 Pemkab Merauke menyiapkan sepuluh rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT tersebut. 

Pertama telah dilakukan donor darah di Auditorium Kantor Bupati sekaligus pembukaan launching seluruh kegiatan. Dari 166 pendonor, 133 berhasil menyumbangkan darahnya melalui petugas Unit Transfusi Darah PMI setempat. 

Rangakaian berikut, di bulan November ini sebagai bulan Korpri maka setiap kantor dipasang baliho, ada dialog interaktif dalam mempublikasikan apa saja kegiatan yang dilaksanakan panitia HUT tahun ini. 

"Kita tidak ingin hanya Korpri yang melaksanakan kegiatan, tapi bagaimana dengan kesederhanaan yang ada kita bisa melaksanakan ini dengan meriah dan bisa melibatkan seluruh anggota Korpri, dinas, badan dan kantor, TNI-Polri serta semua pihak juga masyarakat," terang Ketua Panitia Korpri ke 52 tahun 2023, Ir. Justina E. Sianturi, Kamis (9/11/2023). 

Ketua Panitia HUT Korpri ke 52, Ir. Justina E. Sianturi.

Secara internal Korpri juga ada lomba paduan suara, pengucapan Panca Prasetya Korpri, lomba paduan suara lagu mars Korpri dan lagu Padamu Negeri, supaya menanamkan semangat dan jiwa patriotisme. Sementara pengucapan Panca Prasetya untuk lebih menanamkan jiwa korps anggota Korpri. 

Ada juga lomba pertandingan voli, sedangkan yang melibatkan banyak orang adalah jalan santai, sepeda santai dan senam massal dengan melibatkan masyarakat sekitar 1.200 orang disponsori oleh Bank Indonesia. Kesempatan yang sama ini, seluruh ASN dan masyarakat diajak untuk mulai menggunakan pembayaran elektronik QRIS baik keuangan yang dikelola pemerintah maupun masyarakat. 

"Karena QRIS ini banyak kelebihannya, yaitu transaksi non-tunai memudahkan pengguna," sambung Ketua Panitia sekaligus Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Merauke. 

Berbagai kegiatan yang telah dan yang akan dilaksanakan Korpri Merauke didukung juga oleh Bulog Merauke dalam bentuk pangan murah serta Pertamina dengan mengkampanyekan pengalihan bahan bakar minyak tanah dikonversikan ke Gas LPJ. Pihaknya menyiapkan 50 kompor gas yang disiapkan untuk masyarakat yang beruntung. 

Lebih lanjut disampaikan, karena kegiatan melibatkan masyarakat, panitia telah siapkan ribuan kaos namun masyarakat yang akan mendapatkan kaos harus menunjukkan bukti bahwa masyarakat sudah melakukan transaksi menggunakan aplikasi QRIS. Transaksi yang dimaksudkan adalah pemberian donasi dengan nilai yang akan ditetapkan untuk disalurkan ke pihak yang membutuhkan entah badan sosial, pihak gereja maupun masjid. 

Persiapan pendistribusian bahan makanan ke titik asrama dan panti asuhan di Merauke.

Kamis (9/11) Panitia HUT Korpri dengan koordinator Dinas Sosial melakukan pembagian bahan makanan ke 22 titik baik asrama maupun panti asuhan. Berkat donasi dari Anggota Korpri, dinas, badan, kantor, kelurahan, BUMD itu maka beras yang terkumpul hampir tiga ton, telur 320 rak, minyak goreng sekitar ratusan bungkus. 

"Banyak hal yang kita buat ini menunjukkan bahwa Korpri ada sebagaimana temanya Mengkorprikan Indonesia maka Korpri hadir di setiap kegiatan dan menunjukkan sebagai pelayan dan abdi masyarakat dalam mendukung pembangunan nasional," pungkas Sianturi.

Acara puncak Korpri yaitu pada 29 November mendatang dengan upacara bendera dibarengi pemberian penghargaan kepada anggota Korpri yang sudah lama mengabdi puluhan tahun. Lebih dari itu, Justina harapkan anggota Korpri lebih banyak melakukan pelayanan inovasi. 

Menariknya lagi, pada puncak HUT ada penyerahan penghargaan kepada OPD yang masuk sebagai pemenang lomba inovasi OPD, yang dilaksanakan Bappeda Litbang serta yang paling keren adalah akan ada penghargaan penerima anugerah layanan investasi. Sebelumnya, Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan didampingi Kepala Dinas DPM PTSP Merauke menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI. 

"Kita berterimakasih karena kehadiran pemerintah bisa nyata untuk masyarakat pada saat kita mampu berinovasi dalam pelayanan. Secara nasional kita adalah kabupaten yang menerima anugerah penghargaan itu untuk kawasan Indonesia Timur yakni NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, dan ini masih dalam konteks Papua waktu itu," ucap Sianturi dengan bangga, sebab prestasi ini adalah bagian dari ide dan gagasan serta hasil kerja dirinya bersama dengan seluruh jajaran di DPM PTSP Merauke. 

Sebagai motivasi, Justina E. Sianturi berharap segenap jajaran di OPD yang pernah dipimpinnya itu tetap mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi kerja. "Saya yakin teman-teman yang ada dan pimpinan yang baru pasti akan lebih baik. Setidaknya kami sudah memberikan dasarnya, pasti kan ditingkatkan karena kita semua punya kemampuan," tutup Justina.(Get)