Berita Utama

Soleman Jambormias Nahkodai KORMI Papua Selatan

Merauke - Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Papua Selatan Periode 2023-2027 dinahkodai oleh Soleman Jambormias.

Segenap pengurus KORMI Papua Selatan ini secara resmi dilantik Ketua KORMI Pusat, Haryono Isman pada Minggu (3/12/2023) di Swiss-belhotel Merauke disaksikan Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, Asisten 1 Setda Papua Selatan Agustinus Joko Guritno dan sejumlah pejabat. 

Soleman Jambormias kesempatan itu menyampaikan penghargaan kepada Ketua Umum KORMI Pusat dan Sekjen yang sudah hadir untuk melakukan pelantikan KORMI daerah. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Pj Gubernur yang terus mendukung seluruh kegiatan olahraga terlebih diberikan alokasi dana pembinaan kepada KORMI senilai Rp 1 miliar. 

"Kami di bawah pimpinan Pak Pj Gubernur, kami buka diri untuk mengembangkan olahraga masyarakat di Papua Selatan," ucap Soleman. 

Penyerahan bendera pataka pada pelantikan pengurus KORMI Papua Selatan.

Ketua KORMI Pusat Haryono Isman mengatakan, meski sama jenis olahraganya tetapi pasti ada perbedaan pola pembinaan masing-masing daerah. "Tugas kita adalah membangun masyarakat yang sehat, bugar, dan gembira melalui olahraga dengan tetap mengedepankan daya kompetitif untuk menghasilkan produk atlet profesional. Sehingga pembinaan dimulai dari usia 3-80 tahun yang kita bina," pungkas Haryono. 

Sementara itu, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo mengatakan, KORMI merupakan induk organisasi yang menanungi cabang olahraga rekreasi Indonesia yang diatur dalam UU nomor 5 tahun 2005. Olahraga ini tumbuh dan berkembang berdasarkan kondisi wilayah dengan tujuan menjaga kesehatan, kebugaran, membangun dan menjaga hubungan sosial serta melestarikan dan mengembangkan kekayaan sosial budaya yang ada.

"Olahraga masyarakat sangat penting untuk menjaga kebersamaan dalam keberagaman. Kami ucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang baru dilantik. Mari kita sama-sama menumbuhkembangkan KORMI di Papua Selatan," tutupnya. 

Pelantikan ditandai dengan penyerahan bendera pataka dari Ketua KORMI Pusat kepada Ketua Umum KORMI Papua Selatan, dilanjutkan dengan penandatangan berita acara dan penyerahan dokumen berita acara pelantikan. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan foto bersama.(Get)