Berita Utama

Polres Merauke Siagakan Personil untuk Pengamanan Pemilu 2024

Merauke - Sebanyak 436 personil Polres Merauke disiagakan untuk melakukan pengamanan selama pelaksanaan pemilihan umum calon anggota lengislatif (Caleg) dan pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024 nanti.

Kapolres Merauke, AKBP I Ketut Suarnaya mengatakan selain 436 personil Polri juga akan dibackup oleh anggota TNI dan Linmas sehingga total keseluruhan yang akan mengamankan pelaksanaan Pemilu ada 1.200 personil.

"Personil nanti akan disebar di 774 Tempat Pemungutan Suara (TPS)," terang Kapolres Merauke saat menjadi narasumber dalam Uji Kompetensi Wartawan di Papua Selatan, Senin (29/1/2024) di Swissbel Hotel Merauke.

Dikatakan, tugas pengamanan terus dilakukan anggota Polri mulai dari pembongkaran logistik pemilu, penjagaan di gudang penyimpanan, pelipatan surat suara, pendistribusian ke distrik dan ke TPS hingga pelaksanaan pemilihan dan penghitungan suara semua didampingi aparat kemanan, Bawaslu, dan KPU.

Ditegaskannya bahwa dalam tugasnya, aparat TNI dan Polri akan selalu mengedepankan netralitas. Sementara untuk tetap menjaga sistem kemanana dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Merauke, petugas rutin melakukan razia senjata tajam, miras maupun obat-obatan. Dilakukan patroli gabungan berkala dan komunikasi sosial untuk mengajak masyarakat tetap jaga kedamaian daerah. Selain itu, peran dan fungsi intelijen lebih diperkuat untuk memastikan situasi tetap kondusif.(Get)