Berita Utama

Partisipasi Pemilih Distrik Merauke Pada 14 Febuari 2024 Sebesar 75 Persen

Merauke - Ketua PPD Distrik Merauke, Daniel Taraneno menyebut, partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 14 Februari 2024 sebesar 75 persen.

Sementara persentase pemilih secara keseluruhan di Kabupaten Merauke belum bisa dipastikan mengingat di hari kedua setelah pemilihan ada beberapa TPS yang masih melakukan penghitungan suara. 

"Secara keseluruhan partisipasi Pemilih di Distrik Merauke sekitar 75 persen yang menggunakan hak pilihnya," kata Taraneno di Sekretariat PPD Distrik Merauke, Kamis (15/2/2024) di GOR Futsal Merauke. 

Disampaikan, setelah proses penghitungan selesai, selanjutnya kotak surat suara akan dibawa ke GOR Head Sai kemudian dilakukan pleno. Jadwal pleno akan dimulai 16 Februari sampai 2 Maret 2024 untuk tingkat distrik yang akan dilaksanakan di GOR Futsal dan GOR Head Sai. 

Ketua PPD juga menyampaikan catatan buat KPU agar ke depan lebih teliti dalam kerja-kerja yang bisa terjadi kesalahan manusia (Human Eror).

Sebab, di Distrik Merauke sendiri ditemukan ada banyak kendala selama pemungutan dan proses penghitungan suara. Di antaranya, kekurangan kertas surat suara, plano salinan, plano rekapitulasi, berita acara dan itu semua disiapkan oleh KPU. 

"Karena itu, langkah-langkah yang diambil KPPS adalah mencatat kejadian khusus itu dalam form kejadian khusus. Ke depan kami harap pihak KPU harus lebih teliti," pintanya.(Get)