Berita Utama

Tersisa Distrik Merauke yang masih Melakukan Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara

Merauke - Dari 22 Distrik di Kabupaten Merauke, masih tersisa satu distrik yang belum selesai melakukan pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilpres dan Pileg 2024 yakni Distrik Merauke. 

Sementara 21 Distrik lainnya sudah selesai melakukan pleno, dan kotak suara maupun rekapitulasi untuk 21 Distrik sudah masuk di gudang penyimpanan KPU Merauke dan dijaga pihak kepolisian. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan pleno tingkat kabupaten yang diagendakan pada tanggal 3,4,5 Maret 2024 di Swissbell hotel Merauke. 

"Kita masih menunggu pleno Distrik Merauke masih berlangsung. Selanjutnya kita lanjut pleno tingkat kabupaten," terang Ketua KPU Kabupaten Merauke, Rosina Kebubun, Kamis (22/2/2024). 

Distrik Merauke merupakan Distrik dengan jumlah TPS terbanyak sehingga membutuhkan waktu lebih lama dari distrik lainnya. Rosina Kebubun juga menyampaikan bahwa pihaknya belum bisa menginformasikan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara mengingat aplikasi sirekap milik KPU dalam kondisi eror karena diretas hacker. 

Pihaknya menunggu hasil penghitungan manual yang nanti akan dipublish setelah pleno Distrik Merauke selesai. Usai pleno kabupaten kemudian akan dilanjutkan jadwal pleno tingkat provinsi pada 6-8 Maret ini.(Get)