Berita Utama

Polri dan TNI Telah Maksimalkan Pengamanan Selama Pleno Tingkat KPU Provinsi Papua Selatan

Merauke - Sebagai tuan rumah pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Papua Selatan, aparat keamanan Polres Merauke dibackup personil TNI sudah sangat maksimal dalam melakukan pengamanan selama pelaksanaan.

Kapolres Merauke, AKBP I Ketut Suarnaya kepada wartawan mengatakan, Polri bersama TNI sangat sigap dalam memberikan pelayanan keamanan pleno mulai tanggal 6-13 Maret 2024 di Swissbell Merauke.

"Dari rangkaian pleno ini, puji Tuhan, Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan lancar terkait dengan keamanan. Tidak ada gangguan-gangguan yang bersifat luar biasa, kami melihat saat diskusi pleno masih sebatas wajar tidak ada pengerusakan, atau penganiayaan atau hal yang bersifat pidana," ucap Kapolres Merauke.

Kapolres mengapresiasi kepada penyelenggara, partai politik, saksi Parpol yang bisa berdiskusi dengan baik untuk menyelesaikan semua persoalan. Ia menambahkan, Papua Selatan patut memberikan contoh bagi daerah Papua lainnya bahwa Papua Selatan termasuk paling cepat pelaksanaan pleno dari semua tingkatan, tinggal menunggu pleno tingkat Nasional.

"Mudah-mudahan hari ini penutupan bisa selesai dengan aman dan lancar. Ini juga tidak terlepas dari teman-teman wartawan yang sudah memberikan informasi kepada masyarakat terhadap jalannya proses pleno sehingga masyarakat mendapatkan akses narasi informasi yang positif," pungkasnya.

Selama pengamanan melibatkan 360 personil. Seluruh personel memastikan situasi berjalan kondusif dan selanjutnya tetap siaga membackup pengamanan di daerah selama rekapitulasi di KPU RI.

"Kami yang ada di wilayah ini tetap melaksanakan siaga tahap pleno tingkat pusat. Ada rencana kerja kita, aparat keamanan melaksanakan cipta kondisi pencegahan, antisipasi saat pelaksaan di tingkat pusat."

Kapolres mengimbau seluruh masyarakat sikapi dengan bijak hasil pleno yang dilakukan di tingkat pusat. Masyarakat diajak jangan terbawa arus profokasi melainkan tetap bersikap bijak.(Get)