Berita Utama

Sukseskan Program Food Estate, Mentan Kunker di Merauke

Merauke - Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Merauke dalam rangka menyukseskan program food estate di Merauke. 

Program ini menjadi atensi dari Presiden terpilih Prabowo Subianto agar Indonesia ke depan lebih kuat dalam mempertahankan swasembada pangan. 

"Konsep dan tekad Pak Prabowo agar Indonesia ini menjadi sukses pangan. Dari konsep itu turunannya adalah food estate kita kelola dengan baik lintas departemen, TNI, Polri terlibat seluruhnya karena Merauke punya lahan potensial untuk pengembangan pertanian berskala besar," ucap Bupati Merauke Romanus Mbaraka di Bandara Mopah, Selasa (16/4/2024). 

Sebelumnya, Bupati Romanus telah melakukan presentasi di Kementan terkait luas lahan dan potensi pertanian di Merauke. Selanjutnya diputuskan Mentan berkunjung ke Merauke untuk melihat langsung ke lapangan dengan jadwal akan tiba Selasa (16/4) jam 14.00 WIT. 

Di Merauke, Mentan akan mengikuti panen dan tanam padi bersama di Kampung Ngguti Bob Distrik Tanah Miring pada Rabu, (17/4) besok bersama dengan Wakil Menteri Pertahanan yang akan tiba di hari yang sama. Romanus berharap, dengan pengelolaan yang lebih maksimal Merauke akan mengarah pada industrialisasi pertanian. 

Kesempatan yang sama, Romanus minta masyarakat khususnya petani untuk memelihara dan menjaga bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) yang selama ini sudah dibantu pemerintah. Menurutnya, Alsintan yang dibagikan ke petani sudah sangat banyak dan diharapkan dapat dirawat agar Alsintan bertahan dan tidak mudah rusak.(Get)