Berita Utama

Kematian Ternak Sapi, Babi dan Kambing Bertambah di Merauke

Merauke - Kematian ternak sapi, babi dan kambing di Kabupaten Merauke terus bertambah.

Pj Veteriner Provinsi Papua Selatan drh Rafel Heri Nugroho menyebut, hingga 28 April 2024 terjadi kematian 210 sapi, 20 babi dan 12 ekor ternak kambing. Petugas telah melakukan pengobatan, isolasi dan rutin dilakukan pemantauan di lapangan. Sementara di daerah zona kuning dan hijau dilakukan edukasi, pengobatan dan dalam waktu dekat akan diadakan program vaksinasi bagi ternak-ternak sapi maupun babi yang sehat. 

Dalam situasi ini, masyarakat diajak tidak perlu panik namun tetap waspada dan bagi pemilik ternak diminta harus kandangkan ternaknya, perhatikan makanan dan minuman ternak sehingga dalam kondisi sehat. Apabila terjadi sakit atau kematian mendadak diharapkan masyarakat segera melaporkan ke petugas terdekat.

Rafel menambahkan, sampel tiga jenis ternak yang alami kematian sementara masih dilakukan pemeriksaan di Lokasi Veteriner Jayapura. Setelah diketahui hasilnya, selanjutnya akan diinformasikan kepada masyarakat. 

"Sementara masih dilakukan pemeriksaan sampel di Loka Veteriner Jayapura dan hasilnya nanti akan kami sampaikan lagi," tutup Rafel Heri di Swissbell Merauke.(Get)