Berita Utama

Umat Buddha Kabupaten Merauke Peringati Tri Suci Waisak

Merauke - Umat Budha Kabupaten Merauke merayakan Hari Raya Waisak atau Tri Suci Waisak memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Gautama yakni kelahiran Siddharta Gautama, pencapaian pencerahan agung, dan Parinibbana atau wafatnya Buddha Gautama.

Tiga peristiwa penting itu terjadi saat bulan Waisak, sehingga tujuan Waisak adalah mengenang kembali guru agung junjungan bagi umat Budha tentang ajaran kebenaran, pembebasan akhir atau kebahagiaan tertinggi. 

Prosesi dan ibadah Hari Raya Waisak di Wihara Arya Dharma Jaya Mopah Merauke

Romo Eko Purwanto mengatakan, tema Waisak tahun 2024 ini adalah keharmonisan merupakan pedoman hidup dalam berbangsa. Artinya keharmonisan adalah bagian penting yang harus dilakukan baik di dalam keluarga, sesama umat, antar umat, dengan masyarakat maupun bangsa dan negara dalam rangka menciptakan kedamaian. 

"Kita diharapkan hidup berdampingan dalam keberagaman dengan memiliki rasa toleransi dan tenggang rasa, menghargai dan menghormati untuk kedamaian dalam perbedaan," ujar Romo Eko usai prosesi dan ibadah Waisak di Wihara Arya Dharma Jaya, Mopah Merauke, Rabu (23/5/2024).

Ditambahkannya, umat Buddha dan semua makhluk diingatkan utamakan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari, terutama saling membantu dan menghargai sesama manusia. Apa lagi mendekati momen Pilkada 2024 ini maka masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan meski berbeda pilihan.(Get)