Berita Utama

Satu Atlet Sambo Papua Selatan Berangkat ke Bogor Persiapan TC

Merauke - Satu atlet cabang olahraga (Cabor) Sambo dari Provinsi Papua Selatan diberangkatkan ke Bogor, Rabu (29/5/2024) untuk mengikuti Training Center (TC) persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI di Sumut-Aceh 2024.

Atlet bernama Maria Yuliana berusia 24 tahun sebelumnya pernah bertarung di Eksebisi PON XX dan berhasil meraih medali perunggu dan kejuaraan Sambo di Bandung meraih medali emas. Untuk mengikuti PON XXI nanti, Maria sudah melakukan banyak persiapan dengan latihan rutin dan akan lebih giat lagi mengikuti TC di Bogor selam 2 bulan lebih.

"Saya mempersiapkan diri untuk melakukan pelatihan, baik selama di Merauke maupun di TC," ujar Maria saat ditemui di Bandara Mopah sebelum berangkat didampingi Ketua Umum Persambi Papua Selatan Agustinus Manibuy.

Agustinus Manibuy mengatakan pihaknya menargetkan 1 medali emas dalam PON XXI ini. Untuk itu perlu persiapan yang matang salah satunya mengikuti TC di Bogor guna dapat mencapai target.

"Kalau di Merauke atlet hanya bisa latihan fisik dan tidak ada lawan. Harapan kami dengan mengikuti TC di Bogor ini persiapannya akan lebih mantap sebelum menuju PON sehingga diharapkannya dapat meraih medali emas untuk mengharumkan nama Papua Selatan," ujar Agustinus.

Sementara pelatih Cabor Sambo, Ujang Kuswandi melihat potensi yang dimiliki Maria sudah sangat bagus tinggal dipoles lagi dengan latihan yang maksimal dan peralatan yang lengkap serta teman sparing akan lebih meningkatkan kemampuan atlet.

Ia mengaku Merauke punya potensi yang cukup banyak sekitar 30 anak yang sudah mulai dibina selanjutnya dipersiapkan mengikuti iven-iven selanjutnya.

Besar harapannya pemerintah daerah mensuport peralatan Cabor Sambo di daerah guna memaksimalkan latihan atlet.(Get)