Berita Utama

Harga Kopra Di Merauke Tergantung Nilai Jual Secara Global

Masyarakat Kabupaten Merauke perlu mengetahui informasi terkait anjloknya harga kopra di pasaran akhir-akhir ini. Pasalnya, jika di daerah luar Papua  terjadi penurunan harga kopra, maka hal yang sama akan terjadi pula di Merauke.
 
Selain itu, kulaitas kopra sangat menentukan nilai jual. Demikian ini dijelaskan Kabid Perindustrian, Migas dan Panas Bumi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Merauke, Hendrikus Mahuze.
 
"Turunnya harga kopra bukan hanya di Merauke, kita kirim ke luar Papua, kopra hanya bisa dihargai 5000 rupiah per Kg. Sehingga kopra di Merauke pun akan menurun menjadi 1500 per kilo," terang Hendrikus Mahuze, Jumat (14/12).
 
Meskipun demikian, Dinas Perindag akan tetap mendorong masyarakat untuk lebih memperhatikan kualitas kopra asal Merauke.
 
Pelatihan dan pendampingan akan dilakukan untuk bagaimana cara membuat dan menghasilkan kopra yang baik dan berkualitas guna memancing nilai jual.
 
"Kita akan memberdayakan masyarakat dalam hal pembuatan kopra dan minyak kelapa," tambahnya.
 
Menurutnya, kualitas kopra yang selama ini cukup bagus, namun harus ada penanganan dan pendampingan khusus guna meningkatkan pengetahuan masyarakat. Sebab permintaan kopra Merauke dinilai cukup banyak, dalam sekali kirim mencapai 1-2 kontainer ke Pulau Jawa.(geet)