Berita Umum

Lantamal XI Gelar EFQR

Lantamal XI Merauke, Papua, Senin (11/12), menggelar Latihan Eastern Fleet Quick Response (EFQR), Search and Rescue (SAR), dan Keamanan Laut (KAMLA) Binopslat 2017.

Pembukaan latihan di halaman kantor Satkamla Lantamal XI dilakukan Asops Danlantamal XI, Kolonel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo.

Pelaksanaan latihan dalam bentuk materi dan praktek di lapangan, disampaikan Komandan Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal XI Mayor Laut (P) Dedy Obet.

Ia mengatakan, latihan bertujuan meningkatkan kemampuan personel dan unsur operasi Lantamal XI, agar dapat hadir pada waktu dan posisi tepat dalam menindak kejahatan di laut, untuk mencegah pelanggaran hukum di laut.

Kejahatan itu misalnya perompakan, ilegal fishing, ilegal mining, kecelakaan laut, pencemaran laut dan pelaksanaan tugas lainnya.

“Harapannya, kedepan personel AL mampu menghadapi tantangan yang semakin kompleks, dengan lebih professional dalam pelaksanaan penegakkan hukum di laut, guna menjaga stabilitas keamanan laut di wilayah kerja Lantamal XI, khususnya perairan Merauke,” katanya.

Personel dan unsur operasi Lantamal XI diharapkan semakin profesional melaksanakan tugas penegakan hukum di laut, sehingga mampu menangani setiap masalahan di lingkup wilayah kerja Lantamal XI. “Namun tetap berkoordinasi dengan satuan samping,” ujarnya.