Berita Utama

PMI Merauke dan Unmus Teken MoU Transfusi Darah

Merauke - PMI Kabupaten Merauke dan Universitas Musamus melakukan penandatanganan MoU Transfusi Darah dan Launching Website Aplikasi Donor Darah PMI Kabupaten Merauke, Jumat (4/2/2022).

Penandatanganan dilaksanakan di Aula Musamus oleh Kepala PMI Dominikus Ulukyanan dan Rektor Unmus Beatus Tambaip didampingi Bupati Merauke Romanus Mbaraka dan disaksikan para dosen serta perwakilan mahasiswa Unmus.

Dalam sambutannya Beatus Tambaip mengatakan dunia pendidikan tidak hanya menekankan pada kecerdasan dan kepintaran saja melainkan ada sentuhan kemanusiaan dalam tindakan sosial yang dilakukan, salah satunya adalah mendonorkan darah ke PMI untuk memenuhi kebutuhan darah bagi sesama yang membutuhkan.

"Maka perguruan tinggi harus menjadi garda untuk menjalankan fungsi edukasi seperti yang kita lakukan hari ini dalam pekerjaan kemanusiaan," kata Beatus.

Dia menuturkan dari 12.000 jumlah mahasiswa di Unmus, pastinya akan siap sumbangkan darahnya ke PMI. Diharapkan MoU ini akan memberikan manfaat bagi banyak orang dalam hal pemenuhan kebutuhan darah di Merauke.

Kepala PMI Merauke, Dominikus Ulukyanan menyampaikan penghargaan kepada pihak Unmus atas kerendahan hati bersedia melakukan MoU. 

"Luar biasa, Pak Rektor menggiring anak-anak muda dari Musamus untuk memiliki rasa empati terhadap sesama. Musamus harus punya karakter," ungkap Dominikus.

Sementara Bupati Merauke menekankan PMI harus menyesuaikan dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

"Supaya di Merauke ini tidak susah cari darah. Satu dengan adanya website orang akan memantau stok darah yang tersedia. Lalu ada kerjasama dengan Unmus dan juga dengan TNI, Polri akan semakin memudahkan mendapatkan darah," ujar Romanus.

Tak lupa Bupati Merauke menyampaikan ucapan terimakasih kepada kedua pihak yang telah sepakat melakukan kerjasama dalam misi kemanusiaan.

"Ini luar biasa, satu hal yang mau mendorong mahasiswa berperan aktif dalam membangun manusia di Merauke," pungkasnya.

Kesempatan yang sama Bupati Merauke menekankan agar prokes lebih diperketat dan kembali menggalakan vaksinasi booster, mengingat covid di Merauke kian meningkat.

Kegiatan dilanjutkan dengan sedikit pemaparan tentang website PMI dan diakhiri dengan penandatanganan kerjasama MoU antar kedua pihak tersebut.(Get)