Berita Utama

Halal Bi Halal di Merauke Bertujuan Mempererat Silahturahmi

Merauke - Guna mempererat hungungan silahturahmi dengan berbagai kalangan, di Kabupaten Merauke telah dilaksanakan Halal Bi Halal ASN, TNI, Polri dan Masyarakat Kabupaten Merauke, Sabtu (14/5)2022).

Kegiatan ini dengan sorotan tema Merawat Kebhinekaan, Menjalin Silaturahmi, Perkuat Kesatuan dan Persatuan Demi Terwujudnya Merauke Bangkit, Aman, Tenteram, Rukun, Damai dan Sejahtera. 

Ketua Panitia, M. Ramli mengatakan, Halal Bi Halal sebagai momentum untuk mempererat hungungan silahturahmi dengan berbagai kalangan, kelompok dan masyarakat. Bagi umat Islam, Halal Bi Halal adalah momen yang selalu digunakan untuk saling maaf memaafkan satu dengan yang lain.

"Kali ini kita laksanakan lebih spektakuler karena terlaksana di sekitar gereja. Dan panitianya terbentuk hanya dalam waktu empat hari," ujarnya di Gedung Arkilaus Sai Bambu Pemali Merauke.

Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan mengajak momen silahturahmi ini untuk meningkatkan kerjasama dalam rangka menuju Merauke bangkit, aman, damai dan sejahtera. Merauke yang dikenal dengan istana damai, istana cinta kasih harus tetap terpelihara dan dijaga di dalam keberagaman.

"Tugas dari kita semua di mana saja kita berada hendaknya bijak untuk menjaga persatuan dan kedamaian," ucap Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan.

Tidak dipungkiri banyak masalah yang terjadi di tengah masyarakat, namun Wabup mengajak sesulit apapun masalah yang dihadapi harus dikomunikasikan secara baik untuk mengatasi atau menyelesaikannya. Terlebih dalam menyambut Provinsi Papua Selatan (PPS) semua pihak diajak ikut mendukung karena pemekaran daerah bertujuan untuk kemajuan daerah menuju masyarakat sejahtera.

Kesempatan berikut, Kiai Haji Khavidudin Miftah dari Jayapura dalam ceramahnya menyebut Halal Bi Halal artinya saling memaafkan sesama umat manusia setelah Umat Islam melaksanakan ibadah di Bulan Ramadan. Halal Bi Halal dalam konteks sesungguhnya adalah melakukan yang halal sebelum kembali kepada Sang Pencipta. 

"Berdamai dan saling memaafkan satu dengan yang lain. Lakukan yang halal sebelum kembali kepada Sang Pencipta," imbuhnya. Ia juga mengajarkan tentang tatanan hidup yang baik antar sesama umat beragama.

Panitia Halal Bi Halal mengagendakan kegiatan di empat titik satu paket dengan kegiatan turun kampung bupati yakni selain di Merauke, akan berlanjut ke Distrik Jagebob, kemudian Muting, Ulilin dan Elikobel jadikan satu titik, lalu Tanah Miring, dan selanjutnya Kurik dan Salor satu titik.(Get)