Berita Utama

Orda Papua Gelar Muslok, Pengukuhan Ketua DPP dan Ketua Orlok Kabupaten Merauke

Merauke - Organisasi Amatir Radio Indonesia Daerah Papua menggelar Musyawarah Lokal ke-VII sekaligus pengukuhan DPP dan Ketua Orari Lokal Kabupaten Merauke masa bakti 2022-2025.

Saat membuka kegiatan Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan sampaikan apresiasi peran serta dari organisasi Orari Lokal Kabupaten dalam membackup komunikasi dalam kegiatan penting yang dibutuhkan masyarakat dan pemerintah setempat.

"Kami mengapresiai kepada Organisasi Orari, mudah-mudahan kepengurusan yang baru mampu mewadahi seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Merauke," ujar Wakil Bupati, Sabtu (18/6/2022).

Orari diakui tidak pernah lemah dan terbatas sehingga sangat membantu Pemkab setempat, yang dengan sukarela dan ikhlas melaksanakan tugas secara mandiri, etika dan pelaksanaan fungsi dilakukan secara baik dan terarah.

Orari dikatakan sebagai perekat bangsa di tengah keberagaman. 

"Ke depan, Pemkab Merauke siap memfasilitasi kebutuhan organisasi guna mendukung kelancaran pelaksanaan fungsi Orari," sambung Wabup.

Pembukaan Muslok dan Pengukuhan Ketua Orlok Kabupaten Merauke di Halogen Hotel Merauke.

Ketua Panitia Firmasyah mengatakan, latar belakang dilakukan kegiatan ini mengingat telah terjadi kevakuman selama dua tahun karena Covid-19. Tujuannya untuk membentuk kepengurusan yang lebih lengkap dengan harapan ke depan ada sinergitas melaksanakan fungsi dari organisasi.

Plt. Ketua Orari Lokal Kabupaten Merauke Frans Sabuhun mengatakan Orari merupakan organisasi masyarakat yang bergerak dalam sosial kemasyarakatan dengan latar belangan amatir radio. Orari lokal telah berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang berhasil melakukan kontak kepada 83 negara.

"Orari lokal telah melaksanakan dukungan komunikasi dalam pelaksanan PON XX Papua tahun 2021 dan beberapa kegiatan lain yang telah disupport. Orari memiliki program kerja yang belum sempat dilaksanakan, diharapkan program anak putus sekolah di jalanan dapat dilaksanakan terutama memberikan data awal jumlah anak putus sekolah untuk membantu Pemkab Merauke. Kita jadikan momentum Musda ke tujuh sebagai awal semangat untuk melaksanakan program ke depan," tutur Frans.

Plt Ketua Orari Daerah Papua Ismail, menegaskan bahwa Orari sesuai Permen tahun 2018 orarai secara langsung siap bermitra dengan seluruh jajaran dan pemerintah dari tingkat daerah hingga pusat. "Kami siap mensukseskan kegiatan pemerintah di manapun orari itu berada."

Mewakili Kepala Balai Monitoring Monitoring Merauke, Marulam Damanik mengajak segenap anggota Orari tetap jaga kebersamaan dan kekompakkan agar organisasi tetap berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. 

"Organisasi amatir radio merupakan wadah tunggal yang mandiri dan non politik yang diakui pemerintah dalam penggunaan, dan pengawasan sprektrum radio," pungkas Marulam.(Get)