Berita Utama

Beras Merauke Dilirik Investor Negara PNG

Merauke - Peningkatan kualitas beras petani di Kabupaten Merauke sudah harus dilakukan, mengingat beras Merauke bukan saja hanya dikirim ke beberapa wilayah di Papua dan luar Papua, tetapi sudah dilirik para investor negara Papua New Guinea (PNG).

Investor negara tetangga tersebut sudah menginformasikan rencana kedatangannya dalam bulan Agustus ini. Pihaknya berniat ada kerjasama dalam pertanian salah satunya mengekspor beras Merauke.

"Mau tidak mau kita harus tingkatkan kualitas beras dari medium ke premium, walaupun kualitas beras kita sudah bagus sehingga nilai ekspornya lebih menjamin," ujar Kabag Perekonomian Daerah Kabupaten Merauke, Fransiskus Ciwe di ruang kerjanya, Kamis (11/8/2022).

Untuk mendapatkan kualitas terbaik, perlu persiapan bibit unggul, perawatan, pengairan, pemupukan yang teratur dan proses pengeringan guna menjaga patahan, kadar air, serta warnah beras yang bersih supaya mampu memenuhi standar ekspor.

"Kita perlu kerjasama untuk meningkatkan kualitas beras di kalangan petani, bukan hanya satu pihak," katanya.

Pengiriman beras untuk dalam negeri terutama permintaan di beberapa wilayah di Papua masih berjalan. Bahkan Pemkab Merauke sudah mengirim penawaran ke PT Freeport Indonesia untuk mengambil beras Merauke dan tindaklanjutnya akan ada pertemuan kedua pihak dalam waktu dekat.(Get)