Berita Utama

Akses Jalan Darurat Menghubungkan Nasem-Onggaya Dikerjakan Secara Swadaya

Merauke - Masyarakat Kampung Kuler, Tomer, dan Onggaya Distrik Naukenjerai dan Kampung Nasem Distrik Merauke, Kabupaten Merauke bersama aparat kampung gotong royong secara swadaya memperbaiki dan membuat akses jalan darurat di jalan poros antara Kampung Nasem dan Kampung Onggaya, Kamis (20/10/2022). 

Sudah bertahun-tahun jalan tersebut belum pernah diperbaiki, sehingga ketika musim penghujan tiba kondisinya akan semakin parah diakibatkan truk pengangkut pasir yang melewati jalan tersebut semakin memperburuk keadaannya. Mengingat jalan ini merupakan jalan poros utama yang digunakan masyarakat untuk aktivitas dan akses sekolah, kesehatan dan perekonomian, maka masyarakat empat kampung melakukan pengerjaan jalan darurat secara Swadaya. 

"Harapan kami segera ada perhatian pemerintah provinsi karena status jalan ini kewenangan provinsi. Namun tidak menutup kemungkinan ada intervensi pemerintah pusat dan Pemda Merauke bisa memperhatikan dan memprioritaskan pembangunan jalan poros Nasem - Onggaya," ungkap Kepala Distrik Naukenjerai, Revelino Dimara,S.Sos.

Senada juga disampaikan Kepala Distrik Merauke Arnoldus Rudolf, S. IP, M. AP agar jalan ini bisa diprioritaskan karena merupakan jalan akses perbatasan negara.

Sedangkan untuk aktivitas truk pengangkut pasir pantai juga menjadi perhatian serius. Perlu ada penindakan dari pihak terkait bekerjasama dengan tokoh adat dan tokoh masyarakat di dua distrik itu, sehingga aktivitas ilegal yang mengakibatkan kerusakan jalan bahkan merusak lingkungan segera di hentikan.(Get)