Berita Utama

Luasan Bandara Mopah Merauke Tidak Cukup Untuk Membangun Garbarata

Merauke - Kondisi dan luasan Bandara Mopah Merauke tidak cukup untuk membangun garbarata, karena kondisinya akan semakin sempit.

Kepala UPBU Mopah Merauke, Thomas Alfa Edison mengatakan, untuk saat ini Bandara Mopah belum bisa dibangun garbarata mengingat luasan apronnya tidak cukup untuk dibangun garbarata. Selain itu, juga memerlukan dana yang sangat besar.

"Dengan luasan Bandara dengan terminal jadi sempit, kalau kita pasang garbarata berarti pesawat yang sayap lebar mau nyeberang ke sebelah tidak bisa. Jadi perlu perluasan," ujar Thomas Alfa Edison di Merauke.

Pembangunan bisa dilakukan di masa yang akan datang dengan penambahan luasan sisi kiri dan kanan Bandara. Sebab kalau dipaksakan akan beresiko pada pesawat besar bisa terjadi tabrakan.

Sebelumnya, sempat ada rencana pembuatan garbarata namun setelah ada pertimbangan kondisi di lapangan, maka butuh perhitungan dan persiapan yang matang. Oleh karena itu, Kepala Bandara Mopah menegaskan untuk sementara garbarata belum bisa dibangun di Bandara Mopah Merauke. 

Garbarata adalah akses yang menghubungkan terminal dan pintu pesawat untuk memudahkan penumpang dari terminal ke pesawat maupun sebaliknya. Istilah lain di Indonesia dikenal dengan sebutan jembatan pesawat.(Get)