Berita Utama

Imigrasi Merauke Akan Menjemput Satu WNA Asal Italia di Jakarta

Merauke - Petugas Imigrasi Merauke akan menjemput satu warga negara asing (WNA) asal Italia di Jakarta. Rencana penjemputan, besok, 1 Agustus 2024.

Sebelumnya, WNA tersebut terdampar di Pantai Onggaya Kabupaten Merauke pada 29 Juli 2024 karena kehabisan bahan bakar minyak (BBM).

Dalam rilis Polres Merauke yang diteruskan Polsek Naukenjerai bahwa satu WNA itu melapor ke Polsek Naukenjerai lalu bersama salah satu warga kampung WNA diantar ke Kota Merauke untuk melapor ke Kantor Imigrasi. Namun, pihak Imigrasi tidak melihat ada kunjungan tamu asing tersebut.

"Sehingga kami putuskan mencari ke salah satu hotel, namun informasi dari pihak hotel bahwa orang tersebut sudah check out, terus kita kembangkan lagi sampai kita cek di manifest penerbangan, dan kita dapat sudah berangkat ke Jakarta. Karena penerbangannya baru sampai di Jakarta jam satu maka kami komunikasikan ke petugas di sana dan satu WNA itu sudah diamankan," ujar Kasie Intel Kantor Imigrasi Merauke, Aditya, Rabu (31/7/2024)

Besok, rencana petugas Imigrasi Merauke melakukan penjemputan terhadap WNA asal Italia itu dari Jakarta ke Merauke karena Imigrasi belum mendapatkan dokumen pria asing tersebut. Sebab dalam pengakuan WNA kepada Kapolsek Naukenjerai bahwa kapalnya terdampar karena kehabisan BBM saat kapal layar miliknya dengan tujuan Bali dirampok dalam perjalanan sekitar perairan negara PNG. Sejumlah barang diambil termasuk dokumen, motor tempel dan bahan makanan, sebagaimana informasi dalam rilis Polsek Naukenjerai sebelumnya. 

Kasie Intel Imigrasi Merauke menambahkan, setelah dijemput pihaknya akan selidiki terlebih dahulu ke kedutaan negara Italia untuk membenarkan keabsahan warga negaranya batu kemudian akan memutuskan langkah lebih lanjut. Termasuk kepastian berapa orang yang terdampar, apakah sendiri atau dengan rekan lainnya.(Get)