Berita Utama

Mama Papua Penerima Modal Usaha Diharapkan Menjadi Pilot Project

Merauke - Tahun 2023, Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Papua Selatan telah memberikan dana stimulus senilai Rp 40 juta dari dana Otsus kepada 24 penerima dari mama-mama asli Papua yang ada di Merauke.

Uang tersebut diberikan untuk modal bagi mama Papua untuk membuka usaha sebagai tindak lanjut setelah mengikuti pelatihan UMKM orang asli Papua di Bogasari Baking Center Surabaya tahun 2023.

"Bantuan 40 juta ditransfer langsung ke rekening penerima sehingga dapat dipakai untuk mengembangkan usaha dengan dibekali pelatihan UMKM di Surabaya," ujar Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan Papua Selatan, Laurensius Waimu, Rabu (7/8/2024).

Dokumentasi mama Papua ikuti pelatihan UMKM di Bogasari Baking Center Surabaya. 

Lebih lanjut Bidang Koperasi dan UMKM bekerjasama dengan Perindagkop kabupaten akan melakukan pengawasan terhadap pemanfaatan bantuan dana Otsus yang diberikan itu, diharapakan ada progres atau kemajuan. Laurensius berharap setiap bantuan yang disalurkan pemerintah mesti dimanfaatkan dengan baik oleh penerima dalam pengembangan usaha yang digeluti.

"Kita tetap melakukan pendampingan sehingga bantuan itu bermanfaat, dan kita harapkan yang sudah menerima bantuan tahun 2023 bisa menjadi contoh atau pilot project bagi orang asli Papua lainnya," ujarnya.(Get)