Berita Utama

Kampung Makarti Capai Angka Terbaik Pengelolaan DD di Provinsi Papua

Merauke - Kampung Makarti yang terletak di Distrik Jagebob Kabupaten Merauke, berhasil mencapai angka terbaik dalam pengelolaan Dana Desa di Provinsi Papua. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Merauke Daud Holenger menyebut, penilaian tersebut berdasarkan hasil survey tim BPK Perwakilan Papua di Merauke belum lama ini. 

"Suatu kebanggaan bagi kita semua bahwa Kampung Makarti menjadi yang terbaik dari semua Kampung di Papua. Ini berkat kerjasama kolaborasi yang baik Pemerintah Kabupaten melalui DPMK, pemerintah distrik dan terutama peran Aparat Kampung dan masyarakat," kata Daud, Kamis (15/12/2022) di Merauke. 

Pemanfaatan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) membuat Makarti sangat rapi dan mampu mengelola dana Kampung dengan sangat baik. Aplikasi Siskeudes dapat mengakomodasi proses pengelolaan keuangan, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Output yang dihasilkan dari Siskeudes merupakan bukti bahwa akuntabilitas dapat dicapai dengan implementasi Siskeudes.

Bagi kampung lainnya diharapkan terpacu untuk bisa meraih keberhasilan serupa guna mencapai kampung yang mandiri, maju dan sejahtera.(Get)