Berita Utama

Sosialisasi Tahapan Verifikasi Administrasi Bacalon Anggota DPD PPS Digelar

Merauke - Tim Sukses dan Bakal Calon (Bacalon) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Provinsi Papua Selatan (PPS) mengikuti sosialisasi tahapan verifikasi administrasi di Sekretariat KPU, Kamis (12/1/2023). 

Para Bacalon ditekankan menghadiri sosialisasi tersebut sehingga memahami alur verifikasi administrasi yang akan dilakukan anggota KPU. 

"Kita ingin sosialisasi ini dihadiri Bacalon agar dapat mengetahui alurnya. Dalam verifikasi pasti ada kegandaan. Maka, waktu yang tersisa dapat dimanfaatkan untuk terus mencari dukungan tambahan dalam memenuhi dukungan maksimal, sehingga Bacalon dapat lolos ke tahap selanjutnya," tandas Anggota KPU Provinsi Papua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Adam Arisoi yang ditugaskan ke Selatan Papua. 

Sosialisasi tahapan verifikasi administrasi Bacalon Aanggota DPD RI perwakilan PPS di Sekretariat KPU PPS.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Provinsi Papua, Fransiskus A. Letsoin kesempatan yang sama menyampaikan tahapan yang perlu diketahui Bacalon yakni setelah masuk masa verifikasi administrasi akan diikuti masa verifikasi administrasi perbaikan. Selanjutnya tahap verifikasi faktual dan verifikasi faktual perbaikan. 

KPU Provinsi PPS akan melakukan analisis dokumen data yang diinput Bacalon di SILON. Pertama adalah melihat ganda identik dan potensi ganda dalam satu bakal calon dan antar bakal calon. Setelah proses analisis selesai, selanjutnya data tersebut akan diturunkan ke KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan verifikasi administrasi terhadap kesungguhan data.

"Tugas Kabupaten/Kota adalah melakukan verifikasi administrasi kesungguhan data," sambung Frans.(Get)