Berita Utama

Setelah Pemeriksaan Kesehatan, Bapaslon untuk Provinsi Papua Selatan dan Empat Kabupaten Dinyatakan Sehat

Merauke - Seluruh bakal pangan calon (Bapaslon) baik yang akan maju untuk memimpin Papua Selatan maupun di empat kabupaten cakupan yakni Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel dinyatakan sehat setelah jalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Merauke.

Dokumen hasil pemeriksaan sudah diserahkan dari pihak RSUD Merauke oleh Kepala Bidang Pelayanan RSUD Merauke dr. Maryeke Kulang sekaligus Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan (TPK) kepada KPU Papua Selatan diterima Divisi Teknis KPU Papua Selatan, Helda Ambay, Kamis (6/9/2024) sore. 

"Berbagai proses sudah kami lewati dan tanggal 29 Agustus sampai tanggal 4 September pemeriksaan kesehatan kepada bakal calon gubernur, wakil gubernur, bacalon bupati dan wakil bupati empat kabupaten di Papua Selatan. Hasil pleno yang sudah kami lakukan, semuanya dinyatakan mampu secara jasmani dan rohani serta tidak terindikasi penggunaan narkotika sehingga mampu menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai gubernur, wagub, bupati dan wakil bupati," ujar Kepala Bidang Pelayanan RSUD Merauke dr. Maryeke Kulang. 

Divisi Teknis KPU Papua Selatan, Helda Ambay mengatakan KPU Papua Selatan telah menerima dokumen hasil pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya pihaknya menyerahkan dokumen hasil penelitian persyaratan pencalonan dan syarat calon kepada LO Bapaslon baik provisi dan kabupaten untuk dilengkapi kekurangan selama kurung waktu tiga hari yakni 7-9 September 2024. Sebab selanjutnya tidak ada waktu untuk perbaikan.

"Untuk itu kepada LO dan para Bapaslon untuk segera melengkapi dokumen yang masih kurang dan memastikan semua yang diinput sudah benar tidak ada kekurangan," tegas Helda Ambay.

KPU Papua Selatan juga menunggu hasil verifikasi faktual keaslian orang asli Papua (OAP) Bapaslon yang dilakukan oleh MRP Papua Selatan.(Get)