Berita Utama

BI Sosialisasikan Optimalisasi Kebijkan EPTD Melalui Pemanfaatan Kanal QRIS

Merauke - Bank Indonesia selenggarakan sosialisasi optimalisasi kebijakan EPTD melalui pemanfaatan kanal QRIS kepada ASN Pemkab Merauke tahun 2023. 

Hal ini merupakan amanah dari Presiden RI dan sudah dibentuk di masing-masing daerah baik, provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Guna lebih mengoptimalkannya, pemerintah pusat bekerjasama dengan BI mendorong Pemkab untuk lebih menggunakan elektronikfikasi baik dari sisi pengeluaran maupun penerimaan. 

"Kali ini yang di dorong terkait kanal QRIS pada bagian penerimaan dengan penggunaan elektronikfikasi akan mendorong bagaimana pemerintah lebih efisien dan mudah dalam pemantauannya serta ada kemudahan dalam melakukan transaksi itu sendiri," ujar Kepala Tim Implementasi Sistem Pembayaran BI Provinsi Papua, Andrea Yudistira di Kantor Bupati Merauke, Kamis (9/3/2023). 

Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan

Dengan adanya elektronikfikasi yang merupakan bagian dari kemajuan teknologi, maka baik pemerintah maupun masyarakat lebih dimudahkan serta lebih familiar dengan gadget masing-masing. Salah satu persyaratan tahap digital adalah lebih banyak jalan penerimaan yang lebih terdigital, tidak hanya loket dari perbankan tapi bisa juga menggunakan pembayaran melalui transfer dan menggunakan QRIS. 

QRIS masuk dalam aplikasi perbankan seperti mobile banking, dan dompet elektronik. Berdasarkan laporan data, transaksi non tunai di Kabupaten Merauke sudah capai 72,8 persen, ini menandakan ada kemajuan signifikan dalam penggunaan elektronikfikasi. 

"ASN Pemda Merauke harus jadi contoh penggunaan elektronikfikasi serta ikut sosialisasi kepada masyarakat. Supaya semua masyarakat pedagang atau pemilik kios ikut transaksi digital," ajak Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan.(Get)