Berita Utama

Pemprov PPS Gelar Coffee Night Bersama Pelaku UMKM

Merauke - Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo bersama jajaran Pemerintah Provinsi Papua Selatan melakukan coffee night bersama pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah tersebut. 

Para UMKM ini diberi pemahaman dan diajak untuk mendukung program kepariwisataan Pemerintah. Pemerintah akan mengadakan event-event besar secara rutin untuk mendatangkan orang dari luar. Maka para pelaku UMKM harus bersiap untuk mengisi kesempatan tersebut dengan mempromosikan atau menjual produk UMKMnya. Didukung dengan komunikasi yang baik, kebersihan tempat, pribadi dan semua kelengkapan yang digunakan, menampilkan produk berkualitas dan menarik, menjaga keamanan dan harga yang sesuai dengan harga pasar. 

"Kita coba memberi pemahaman supaya pelaku ekonomi ini berpikir bahwa pariwisata penting untuk peningkatan ekonomi," ujar Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif PPS, Soleman Jambormias di Megaria Merauke, Kamis (30/3/2023) dalam sesi wawancara. 

Coffee night Pemprov Papua Selatan dan pelaku UMKM di Merauke.

Berdasarkan data, terdapat 207 pengusaha ekonomi dan pariwisata di Merauke, sementara untuk OAP masih di bawah 40 persen. Kepada mereka ini akan mendapatkan dana hibah untuk mendorong kemajuan usahanya melalui tahap seleksi, karena hibah lebih difokuskan bagi yang benar-benar butuh sokongan dana. Tahun ini pemerintah siapkan dana hibah untuk pengusaha kecil sebesar Rp 700 juta.

"Program pemerintah Papua Selatan ke depan adalah kampung wisata dan wisata kuliner khusus bagi mama Papua baik di Merauke maupun di kabupaten lainnya. 

Namun, sebelum itu akan dilakukan pelatihan diikuti dengan pendampingan oleh tim kreatif yang akan bertugas untuk membantu para pelaku UMKM."

Event olahraga akan digelar dalam upaya mendukung pariwisata di Selatan diawali dengan open turnamen bola voli seluruh Indonesia dengan target 500 peserta akan ikut bertanding. Diikuti dengan mendatangkan clup galanita seluruh Indonesia untuk berlaga di Papua Selatan. 

Lanjut dengan wisata tour, dan pada Oktober nanti akan diadakan Pekan Olahraga Provinsi Papua Selatan dalam menyambut HUT ke 1 PPS. Selain itu, akan menggerakkan semua OPD melaksanakan event olahraga atau event lainnya yang bisa mendatangkan orang luar. Semua event yang akan digelar dananya sudah masuk dalam DPA Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif PPS.(Get)