Berita Utama

Pemerintah PPS Komit Tuntaskan Calistung

Merauke - Pemerintah Provinsi Papua Selatan terus berupaya mengentaskan buta huruf secara khusus bagai generasi di kampung-kampung. 

Tidak di pungkiri, anak bangsa masih banyak yang tidak bisa membaca, menulis dan menghitung (Calistung). Banyak soal jadi penyebab proses belajar mengajar tidak berjalan semestinya. Mulai dari dukungan orang tua, kondisi ekonomi, letak geografis dan masih banyak lagi. 

"Upaya terus kita lakukan untuk merubah sesuatu yang tadinya belum sempurna dan yang belum ada menjadi ada, supaya di masa yang akan datang lebih baik lagi," ucap Asisten 1 Setda Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno, Selasa (2/5/2023) usai upacara Peringati Hardiknas tahun 2023 di Merauke. 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan PPS punya program untuk menyelesaikan secara bertahap masalah pendidikan yang masih dikeluhkan. 

Kadis P dan K PPS, Aloysius Jopeng mengutarakan pihaknya sudah kerjasama dengan UNICEF telah melakukan banyak hal untuk mengentas buta Calistung. Ia mengaku banyak anak kampung yang memang masih zero Calistung. 

"Jadi program tahun ini, kami ada intervensi ke kabupaten/kota untuk pelatihan guru sehingga guru tidak hanya di pendidikan format tapi juga pendidikan luar sekolah, " ucap Aloysius. 

Kerjasama juga dilakukan dengan sejumlah yayasan untuk membantu pemerintah mendorong peningkatan Calistung di semua wilayah di Papua Selatan. 

"Kami pemerintah berikan bantuan ke yayasan dan yayasan wajib membantu kami pemerintah menyelesaikan masalah Calistung," tandasnya.(Get)