Berita Utama

Baru Dua Minggu Pemakaian, Sumur Bor Bantuan Pemerintah Tidak Berfungsi

Merauke - Bantuan tiga sumur bor yang dikerjakan pada 2022 oleh PU Provinsi Papua untuk warga Kelurahan Karang Indah Merauke, kini tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

Sebelumnya, Lurah Karang Indah Wilibrodus S. Duran menyampaikan, pihaknya sangat berterimakasih atas bantuan tersebut karena memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih dan lokasinya terjangkau. Namun, sangat disayangkan, usai pengerjaan di tahun 2023 dan baru berjalan pemakaian sekitar dua minggu oleh warga setempat, terjadi gangguan atau kemacetan pada bagian yang berfungsi untuk menyedot air. 

"Yang kami pertanyakan, usai dibangun tidak ada penyerahan ke pihak manapun tidak ada penyerahan dari pemerintah kepada pihak kelurahan maupun pihak terkait yang dapat bertanggungjawab untuk memperhatikan keberlanjutan pemanfaatannya," ujar Lurah Karang Indah, Selasa (4/7/2023) di lokasi bangunan belakang RSUD Merauke. 

Bangunan sumur bor di belakang RSUD Kelurahan Karang Indah Merauke.

Ketika terjadi kerusakan atau kendala di tiga titik bantuan tersebut, masyarakat dan lurah setempat tidak tahu untuk melapor ke pihak mana yang diberikan tanggungjawab atas bantuan itu. 

“Dengan adanya laporan dari masyarakat terkait hal ini saya selaku Lurah Karang Indah sudah konfirmasi kepada Bapak Distrik Merauke, dikarenakan memang sama sekali tidak ada penyerahan kepada pihak kelurahan maupun warga sekitar,” ujar Willy.

Dirinya berharap segera ada tindak lanjut dari pemerintah Kabupaten atau Provinsi Papua Selatan, sebab letak sumur bor berada di Kelurahan Karang Indah yakni dua titik belakang RS dan satu lainnya di daerah Biankuk.(Get)