Berita Utama

Tiga Hari Ops Patuh Cartenz Banyak Pelanggar Ditilang

Merauke - Pelaksanaan operasi patuh Cartenz yang dilakukan Satuan Lantas Polres Merauke hingga hari ketiga, banyak pelanggar terjaring. 

Hari pertama Senin (10/7) hanya satu pelanggar, hari kedua 42 ditilang dan hari ketiga yang mendapat teguran 45 dan 24 kena tilang, rata-rata tidak menggunakan helm dan bukan helm standar SNI. 

"Hari ketiga ada 25 yang kena tilang dan 45 diberikan teguran. Rata-rata pelanggaran adalah helm," ujar Kasat Lantas Polres Merauke AKP Novindriani, Rabu (12/7/2023) di Merauke. 

Polaantas Polres Merauke tengah menahan pengendara dengan pelanggaran kasat mata.

Masyarakat diharapkan lebih patuh terhadap aturan lalu lintas, yaitu memperhatikan kelengkapan kendaraan baik surat-surat kelengkapan kasat mata, tidak kebutuhan, tidak memasang knalpot razing, anak-anak belum cukup usia tidak boleh mengendarai kendaraan sendiri dan ikuti rambu-rambu lalu lintas serta tidak dalam pengaruh alkohol. 

Kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan di jalan akan menekan terjadi kecelakaan lalu-lintas sebab kecelakaan terjadi karena faktor kelalaian. 

Untuk data laka lantas Juni 2023 meningkat menjadi 23 dari Mei sebanyak 20 total kecelakaan. Meninggal dunia di bulan Juni 2 orang, luka berat 14, luka ringan 22. Total keseluruhan kecelakaan lalu lintas sejak Januari-Juni 2023 adalah 146 kasus, 17 meninggal dunia, 96 luka berat dan 118 luka ringan.(Get)