Berita Utama

Umat Hindu Kabupaten Merauke Rayakan Hari Galungan 2023

Merauke - Umat Hindu Kabupaten Merauke, Papua Selatan merayakan Hari Raya Galungan tahun 2023 dengan berdoa dan persembahan. 

Di momen hari Galungan adalah kesempatan untuk umat Hindu menetralisir pemikiran buruk ke yang baik, ucapan dan perbuatan yang negatif menjadi positif. 

"Tujuannya supaya ke depan hidup ini lebih mudah, semoga kita selalu ada di jalan yang benar," terang Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Merauke, I Wayan Suhasta, Rabu (2/8/2023) di Pura Agung Amertha Sari. 

Umat Hindu mengucap syukur kepada Tuhan Sang Pencipta dengan berdoa dan melakukan sesajen agar Yang Maha Kuasa memberikan kesehatan, umur panjang, rezeki yang lancar dan semua pekerjaan dimudahkan. 

Di hari raya Galungan, mereka juga meminta kepada leluhur untuk permintaan tertentu melalui persembahan. Umat Hindu punya keyakinan akan ada kelahiran kembali atau reinkarnasi dan bagi keluarga yang belum memiliki keturunan dalam ritual ini diminta agar Tuhan mengirim kembali roh leluhur kembali dilahirkan sehingga para ibu yang belum punya anak dapat mendapatkan keturunan. 

Di akhir penyampaiannya, Ketua PHDI Kabupaten Merauke minta kepada seluruh umat Hindu tetap jaga toleransi beragama di tahun politik serta tidak terjadi konflik internal karena beda pilihan atau dukungan. 

"Mohon moderasi beragama itu diimplementasikan kepada semua orang supaya tidak terjadi benturan," tandasnya.(Get)