Berita Utama

Stasiun KIPM Merauke Telah Selenggarakan Pekan Pelayanan Publik

Merauke - Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai upaya wujud dari Reformasi Birokrasi yang mengedepankan prinsip-prinsip 'good and clean governance', Stasiun KIPM Merauke telah menyelenggarakan pekan pelayanan Publik selama sepekan dari tanggal 7 sampai 16 Agustus 2023. 

Pekan pelayanan yang diselenggarakan pada tahun 2023 ini memiliki tema 'Inovasi dan Transformasi Digital untuk Keterpaduan Pelayanan Publik'. Dari tema ini tentu dibarengi dengan inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh Stasiun KIPM Merauke dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kabupaten Merauke merupakan kabupaten yang kaya akan sumberdaya ikan, baik berasal dari perairan laut maupun perairan umum. Ikan-ikan banyak yang dikirim ke luar dari Merauke seperti ke Surabaya, Jakarta, dan Bali. 

"Untuk memfasilitasi kemudahan akses berusaha ini kami telah melakukan digitalisasi sertifikasi kesehatan produk perikanan yang akan dikirim. Masyarakat dapat mengaksesnya melalui Aplikasi PPK Online yang kami sematkan di laman Jardini Oke (http://merauke.bkipm.id)," ujar Kepala SKIPM Merauke, Slamet And riyanto dalam rilisnya, Rabu (16/8/2023)

Jardini Oke merupakan laman website yang dibuka untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan digital seperti Permohonan Pemeriksaan Karantina Ikan dan Mutu, HACCP Online, CKIB Online, Data Lalulintas Produk Perikanan Kabupaten Merauke, dan lain-lain. Inovasi “Jardini Oke” tentunya akan terus dikembangkan untuk kebutuhan masyarakat. 

Penghargaan kepada pelaku perikanan yang dinilai patuh.

Selama sepekan ini, pihaknya telah melakukan pelayanan yang sedikit berbeda dari hari-hari biasanya. Walaupun pelayanan sudah hampir sepenuhnya tidak bertatap muka, pihaknya tetap menggunakan atribut-atribut Papua di ruang pelayanan kantor SKIPM Merauke. 

Menyediakan juga snack, minuman dingin, dan ada juga jamu dalam memanjakan pengguna jasa karantina yang berkunjung ke kantor. Ada juga penilaian petugas pelayanan yang dinilai langsung oleh masyarakat pengguna layanan melalui kuisioner. 

"Selain itu kami juga memberikan penghargaan kepada pelaku usaha perikanan yang dinilai patuh dan tertib administrasi dalam pengurusan dokumen karantina ikan. Pada tahun ini jatuh kepada UD. Merauke Crab dan PT. Anugerah Berkah Lautan Sejahtera."

Tanggal 15 Agustus kemarin, SKIPM menyelenggarakan sosialisasi Cara Karantina Ikan Yang Baik (CKIB) kepada para pelaku usaha perikanan yang biasa melakukan pengiriman komoditas perikanan dari Merauke. Melalui program CKIB ini dapat memangkas waktu layanan menjadi lebih singkat. Pengajuan PPK Online dapat dilakukan 2 jam sebelum keberangkatan dan dapat diterbitkan Sertifikat Kesehatan Ikan dan Produk Perikanan (SKIPP). 

Berbeda halnya dengan pelaku usaha yang tidak menerapkan program CKIB, pemeriksaan memerlukan 4-5 hari, karena SKIPM harus melakukan pemeriksaan penyakit ikan setiap pelaku usaha melakukan pengiriman. Sedangkan untuk pelaku usaha yang menerapkan CKIB pemeriksaan penyakit ikan, dijadwalkan secara periodik dan tersistematis.

"Dalam melaksanakan pelayanan publik, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan performance dan kapasitas SDM dalam proses perubahan untuk mencapai kinerja terbaik, khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Melalui momen pekan pelayanan publik tahun 2023 ini merupakan momentum untuk menunjukan budaya kerja kami yang cepat, efektif, ramah, mudah, akuntable, dan transparan (Cermat).(Get)