Berita Utama

Lantamal XI Merauke Turut Mensukseskan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023

Merauke - Lantamal XI Merauke turut mensukseskan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 bersama masyarakat binaan Lantamal XI dengan membuka lahan pertanian di lahan ketahanan Pangan Kampung Waninggap Miraf Distrik Tanah Miring SP 5 Kabupaten Merauke. 

Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 merupakan kegiatan rangkaian peringatan HUT Ke 78 TNI dengan tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju dan sub tema Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju, yang dilaksanakan dengan kelompok tani binaan guna memenuhi kebutuhan pangan, mensejahterakan perekonomian masyarakat dan membantu pemerintah dalam bidang pertanian.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak nasional dihadiri Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin dan Panglima TNI bertempat di Taman Pancasila Desa Wanajaya kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi Jawa Barat yang diikuti secara virtual dengan jajaran TNI di 371 titik.

Untuk Lantamal XI acara Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 dilaksanakan di lahan ketahanan Pangan Lantamal XI Kampung Waninggap Miraf Distrik Tanah Miring SP 5 Kab. Merauke dipimpin oleh Komandan Lantamal XI yang diwakili oleh Wadan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Dewa Gede Oka Susila, S.E., M.M. 

Dalam program ketahanan pangan ini Lantamal XI mengolah lahan seluas 3 hektar yang ditanami Padi jenis IR 42 dan ditanggulan ditanami 1000 cabe, untuk pengelolaannya Lantamal XI bekerja sama dengan masyarakat setempat binaan Lantamal XI yang sudah berlangsung 1 tahun yang lalu.

Komandan Lantamal XI Laksamana Pertama TNI Kunto Tjahjono, S.E., CRMP., M.Tr.Opsla pada acara Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Lantamal XI mengatakan, kegiatan gerakan nasional ketahanan pangan ini merupakan salah satu rangkaian akhir dari perayaan HUT TNI ke 78 tahun 2023 yang menunjukkan komitmen TNI dalam mendukung kesejahteraan bangsa. 

"Dalam konteks ini, TNI tidak hanya berfokus pada aspek pertahanan negara, tetapi juga memahami betapa pentingnya ketahanan pangan sebagai landasan utama kesejahteraan rakyat," ujarnya, Rabu (1/11/2023). 

Panen raya bersama di lahan sawah binaan Lantamal XI Merauke

Dengan berbagai program dan upaya yang dilakukan dalam kegiatan ketahanan pangan, TNI berperan aktif dalam memastikan pasokan pangan yang cukup dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia, sehingga membantu mengurangi kerentanan pangan dan meningkatkan keberlanjutan pembangunan nasional. Ini merupakan bukti nyata dari peran TNI sebagai penjaga kedaulatan dan kesejahteraan bangsa, ujar Wadanlantama XI. 

Acara Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 Lantamal XI ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Papua Selatan dan Kab Merauke, para PJU dan Kasatker Lantamal XI, Kadistrik Tanah Miring, tokoh agama dan tokoh masyarakat kampung Waninggap Miraf SP 5, serta undangan kelompok tani kampung Maju Jaya dan kampung Waninggap Miraf SP 5.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan bantuan berupa Alkon pompa air dan peralatan pertanian kepada Kelompok Tani Tanah Miring dan Kelompok Tani Kurik, selanjutnya dilaksanakan panen raya padi secara simbolis oleh Wadan Lantamal XI dan undangan.(Get)